ilustrasi penerimaan CPNS

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA – Kabar gembira bagi yang ingin berkarier sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN).

Pasalnya, pemerintah akan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2021. Tahun 2020, tidak ada penerimaan CPNS.

Pelaksana tugas (Plt) Deputi Bidang SDM Kementerian PANRB Teguh Widjinarko memastikan, penerimaan CPNS 2021 akan dibuka.

Teguh menyebutkan, terdapat beberapa formasi CPNS yang dibutuhkan. Antara lain formasi di bidang kesehatan, pendidikan, dan tenaga teknis. 

Ia menjelaskan, Kementerian PANRB sudah menerima usulan formasi CPNS dari instansi pemerintah (baik pemerintah pusat maupun daerah). 

Berdasarkan usulan formasi dari pemerintah daerah maupun pusat, yang paling banyak dibutuhkan (diusulkan) adalah tenaga kesehatan, tenaga pendidikan, dan tenaga teknis.

Namun, Teguh belum dapat memastikan waktu pembukaan pendaftaran CPNS 2021. Pihaknya hanya memperkirakan pada Maret 2021.  

Ia menjelaskan, keputusan tidak membuka formasi pada 2020 memberikan kesempatan kepada pemerintah untuk kembali ke jadwal yang seharusnya dipenuhi sesuai dengan PP Nomor 11 Tahun 2017. 

"Dalam PP (Nomor 11 Tahun 2017) itu ditetapkan bahwa paling lambat bulan Maret setiap instansi pemerintah menyerahkan usulannya ke Menteri PANRB. Setelah memperoleh pertimbangan teknis dari BKN dan Kementerian Keuangan, maka pada bulan Mei ditentukan formasinya (kebutuhannya)," kata Teguh, belum lama ini. 

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Nadiem Makarim mengemukakan rencana merekrut satu juta guru tahun 2021 nanti. Seleksinya berlangsung tiga tahap.  

Sedangkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo menyebutkan, pendaftaran CPNS formasi 2021, bisa terlaksana pada April hingga Mei tahun depan. (*)



Tags: Penerimaan CPNS

Baca juga