Ilustrasi: Bibit tanaman

THENEWSULSEL.COM- Sektor pertanian tentu terdampak oleh pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung hampir satu tahun di Indonesia.

Akan tetapi, kondisinya bisa dibilang tidak "remuk" seperti beberapa sektor lainnya, misalnya saja, pariwisata.

Banyak orang mulai terjun ke bidang pertanian, baik secara serius maupun iseng belaka. Mulai dari menanam tanaman sayur, buah, rempah, hingga tanaman hias yang menjadi tren selama 2020 ini.

Oleh sebab itu, usaha di bidang pertanian dilirik oleh banyak orang karena dapat mendatangkan keuntungan yang tinggi saat ini.

Jika tertarik mencobanya, berikut ini telah 5 rekomendasi usaha di bidang pertanian yang paling menguntungkan saat ini, apa saja?

1. Menjual Bibit Tanaman

Usaha pertama di bidang pertanian yang sangat menguntungkan di tengah pandemi Covid-19 ini adalah menjual bibit tanaman. Saat ini, banyak orang memilih berkebun untuk mengisi waktu luangnya dan menjaga kesehatan mentalnya.

Beberapa jenis bibit tanaman yang paling banyak dicari biasanya adalah yang mudah ditanam di halaman rumah, seperti rempah, cabai, sayur, dan lain-lain.

2. Produksi Pupuk

Usaha kedua yang cukup menguntungkan di masa pandemi Covid-19 ini adalah memproduksi dan menjual pupuk. Seiring peningkatan jumlah masyarakat yang melakukan aktivitas berkebun, pemintaan pupuk pun turut naik.

Jadi tak ada salahnya untuk mencoba peruntungan pada usaha ini. Jika berminat, cobalah mulai dengan formula kompos yang kemudian dicampur dengan kotoran kambing, abu sekam, daun bambu, dan jamur hayati.

3. Menjual alat pertanian

Tak hanya pupuk, alat pertanian pun banyak dicari masyarakat akhir-akhir ini. Penyebabnya tentu sama, peningkatan aktivitas berkebun pada masyarakat selama pandemi Covid-19 berlangsung.

Ada banyak sekali alat pertanian yang bisa dijual, seperti sekop tangan, polybag, pot berbagai ukuran dan bentuk, dan masih banyak lagi jenis alat pertanian yang bisa dijual.

4. Menjual tanaman hias

Tak perlu diragukan lagi, menjual tanaman hias menjadi salah satu bisnis yang paling menarik minat masyarakat selama pandemi Covid-19 berlangsung. Harga tanaman hias yang tinggi, mendatangkan keuntungan yang berlipat ganda.

Usahakan membeli tanaman hias berukuran kecil kemudian rawat hingga tumbuh besar dan sehat hingga bisa dijual kembali. Dengan begitu, keuntungan yang didapat pun jadi lebih besar.

5. Budidaya tanaman rempah

Bukan hanya tanaman hias, budidaya tanaman rempah pun cukup mendatangkan keuntungan finansial selama pandemi Covid-19 ini.

Baca: Tahukah Anda Fungsi Tombol F1 Hingga F12 di Laptop? Ini Penjelasannya

Beberapa jenis rempah, seperti jahe, kunyit, laos, temulawak, dan berbagai jenis rempah lainnya, banyak dicari masyarakat untuk membantu menjaga tubuh dari serangan penyakit.(*)


Baca juga