Logo Piala Dunia U20 2021 di Indonesia

THENEWSULSEL.COM, MAKASSAR - Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) membuat keputusan mengejutkan, mengundurkan gelaran Piala Dunia U20 2021 yang mestinya dilangsungkan di Indonesia tahun depan.

Padahal, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Olahraga (Kemenpora) dan PSSI sudah melakukan persiapan sejak awal tahun 2020. Termasuk pembenahan stadion yang akan digunakan.   

PSSI juga sejak dua tahun terakhir sudah menyiapkan timnas U-19 yang digadang-gadang akan membela nama Indonesia di kejuraan bergengsi ini. Tim itu sekarang dilatih Shin Tae-yong. 

Pengumuman pengunduran jadwal Piala Dunia U20 di Indonesia dari 2021 ke tahun 2023 termuat di laman resmi FIFA, Kamis (24/12/2020) malam WIB. 

Dalam pengumuman itu, FIFA menyebutkan Indonesia tetap menjadi tuan rumah pada 2023 nanti. 

Selain Piala Dunia U20 2021, FIFA juga mengundurkan pelaksanaan Piala Dunia U17 2021 yang mestinya berlangsung di Peru. 

Sedangkan alasan utama FIFA menunda pelaksanaan Piala Dunia U20 dan Piala Dunia U17 karena pandemi Covid-19.

FIFA menyampaikan terima kasih kepada Indonesia dan Peru yang sudah bekerja keras mempersiapkan diri sebagai tuan rumah. 

Penundaan ini merupakan kerugian bagi Indonesia yang sudah PSSI dibantu pemerintah sudah menyiapkan semua fasilitas yang dibutuhkan, termasuk renovasi  stadion-stadion yang akan digunakan.

PSSI juga sudah mengucurkan anggaran besar untuk persiapan timnas U19 yang akan mewakili Indonesia di Piala Dunia U20.

Saat ini, timnas Indonesia U19 menjalani pemusatan latihan di Spanyol. Sebelumnya, berlatih di Kroasia sekitar dua bulan. 

PSSI dalam pernyataan resmi menyatakan menghormati keputusan FIFA tersebut. 

PSSI berharap, penundaan itu membuat persiapan timnas Indonesia U19 lebih matang. Sekarang mereka bisa fokus hadapi Piala Asia U19 di Uzbekistan tahun depan. (*)


Baca juga