Direktur/Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia (BI) Sulsel, Endang Kurnia Saputra (kiri) bersama Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah pada Talkshow Outlook Sulsel 2021 "Menjadi Lokomotif Ekonomi Kawasan Timur Indonesia", yang digelar di Hotel Gammara, Kota Makassar, Rabu, 23 Desember 2020.


Outlook Sulsel 2021: BI Prediksi Sulsel Tumbuh di Atas Rata-rata Nasional

MAKASSAR,THENEWSULSEL.COM - Direktur/Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia (BI) Sulsel, Endang Kurnia Saputra mengatakan bahwa sejalan dengan nasional, ekonomi Sulsel mengalami perbaikan. Pertumbuhan ekonominya mengalami perbaikan dan berada pada level tinggi dibandingkan kinerja nasional.

 Perbaikan konsumsi rumah tangga serta investasi mulai terakselarasi mendorong tren pemulihan ekonomi pasca Covid-19. Sulsel mengalami inflasi pada November 2020, dipicu pada kenaikan  harga bahan pangan yang bergejolak seperti cabe rawit, bawang merah, dan daging ayam ras.

Ia juga menjelaskan, ekonomi Indonesia masih terkontraksi pada Kuartal III sebesar 3,5 (3,49) persen. Sedangkan Sulsel lebih baik, hanya mengalami kontraksi 1,8 persen (y on y) dan memperkirakan Triwulan IV akan lebih baik lagi.

"Dan 2021 ekonomi Indonesia akan tumbuh antara 4,8-5,8 persen, dan dari tren tersebut biasanya Sulsel lebih baik dari pada nasional. Kalau nasional tumbuh di angka 4,8-5,8 persen, Sulsel kami prediksikan lebih dari itu," kata Endang Kurnia Saputra, pada Talkshow Outlook Sulsel 2021 "Menjadi Lokomotif Ekonomi Kawasan Timur Indonesia", yang digelar di Hotel Gammara, Kota Makassar, Rabu, 23 Desember 2020.

Ia menilai, Sulsel adalah provinsi dengan ekonomi struktur yang lengkap, pertanian kuat, ada pertambangan, kemudian sumber daya lainnya seperti perikanan yang juga besar.

Baca: Outlook Sulsel 2021: Ketergantungan Sulampua terhadap Sulsel Sebesar 78 Persen

Baca: Outlook Sulsel 2021: BI Target Sulsel Jadi Pusat Perputaran Uang Terbesar di Indonesia

"Ekonomi wilayah Sulsel saja sudah kaya sebetulnya, tinggal dikelola sebaik-baiknya," pungkasnya.

Hadir narasumber lainnya, Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah, Wakil Ketua Unsur Kebijakan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulsel Syamsul Rijal, dan Rektor Institut Bisnis dan Keuangan (IBK) Nitro Prof Marsuki DEA. Acara dipandu oleh Veronica Miranty Moniaga. (*)



Tags: Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Outlook Sulsel

Baca juga