Aktivitas di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, sebelum pandemi Covid-19.

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA – Pemerintah Kerajaan Arab Saudi menangguhkan semua penerbangan internasional menuju negara itu, mulai Senin (21/12/2020).

Arab Saudi membuat kebijakan ini sebagai antisipasi menyebarnya varian baru virus corona yang ditemukan di Eropa (Inggris).

Baca: Lowongan Kerja PT Perkebunan Nusantara IX, Cari Tenaga IT dan Arsitektur

Penutupan penerbangan ke Arab Saudi berimbas pada calon jamaah umrah, termasuk dari Indonesia. Apalagi, sesuai jadwal, beberapa biro perjalanan haji dan umrah Indonesia akan memberangkatkan jamaah umrah, Senin hari ini. 

Ketua Bidang Umrah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) Zaki Zakariya mengatakan, pada hari ini ada beberapa biro perjalanan yang akan memberangkatkan jamaah melalui penerbangan Garuda Indonesia pada pukul 13.10 WIB.

Baca: Muktamar PPP: Suharso Monoarfa Larang Pengurus DPP jadi Caleg Pemilu 2024

Baca: Hasil dan Klasemen Liga Inggris: MU Pesta Gol, Kini Tembus Tiga Besar

Mereka sudah bersiap di hotel sekitar bandara. Namun,  berdasarkan pemberitahuan resmi dari Garuda Indonesia yang diterima AMPHURI, penerbangan dari Jakarta menuju Jeddah untuk penumpang GA 9802/21 Desember 2020 dibatalkan karena adanya restriksi dari Kerajaan Arab Saudi.

Mengenai jamaah umrah asal Indonesia yang saat ini sudah berada di Arab Saudi, menurut Zaki, belum ada informasi lebih lanjut. 

Selain jalur penerbangan, akses masuk ke Arab Saudi melalui darat dan laut juga ditangguhkan selama seminggu. 

Keputusan penutupan sementara penerbangan internasional ke Arab Saudi itu bisa diperpanjang hingga pekan berikutnya. (*)


Baca juga