Anggota DPR RI dari PPP, H Amir Uskara

THENEWSULSEL.COM, MAKASSAR - Suharso Monoarfa terpilih sebagai Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Sabtu (19/12/2020) malam.

Suharso yang kelahiran Mataram, 31 Oktober 1954, terpilih secara aklamasi dalam Muktamar XI PPP yang dipusatkan di Zona X Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Baca: 6 Daerah ini Terapkan Wajib Hasil Rapid Test Antigen, Termasuk Masuk Bali?

Muktamar Zona X berlangsung di Hotel Claro, Jalan AP Pettarani, Kota Makassar. Sedangkan peserta muktamar pada sembilan zona lainnya, terhubung melalui virtual.

Pada pendaftaran calon ketua umum DPP PPP periode 2020-2025, hanya Suharso Monoarfa yang mendaftar. Karenanya, dalam sidang paripurna, seluruh 34 DPW PPP se-Indonesia sepakat memilih Suharso Monoarfa.

Sidang muktamar dipimpin oleh Ketua Organizing Committee (OC) Muktamar IX PPP, Amir Uskara.

Saat ini, Suharso Monoarfa menjabat Plt Ketua Umum DPP PPP, setelah ketua umum sebelumnya, Muhammad Romahurmuziy tersangkut masalah hukum pada 2019 lalu.

Baca: YouTuber Cilik ini Raih Rp 416 Miliar Setahun, Apa Saja Kontennya?

Baca: Hasil dan Klasemen Liga Inggris: Liverpool Menang 7-0, Arsenal Dekati Zona Merah

Suharso merupakan salah satu anggota kabinet Presiden Jokowi, yang menjabat Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas.

Selain Suharso, dalam bursa calon ketua umum, sempat muncul nama Wakil Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Taj Yasin Maimoen. 

Namun, hingga sidang paripuran dibuka, Taj Yasin yang putra salah seorang tokoh pendiri PPP, Mbah Moen tidak mendaftar. 

Amir Uskara sebagai ketua SC dan sekaligus pimpinan sidang, sempat memberikan waktu 10 menit untuk menunggu kader lain mendaftar sebagai calon ketua umum. Tapi, tidak ada yang mendaftar selain Suharso. 

Amir Uskara yang politisi asal Sulsel, kemudian ditunjuk oleh Suharso sebagai tim formatur menyusun kepengurusan DPP PPP 2020-2025.

Amir Uskara yang anggota DPR RI ini ditunjuk langsung oleh Suharso bersama Mardiono (saat ini anggota dewan pertimbangan presiden), Arsul Sani (Sekjen PPP), Ermalena (ketua Organizing Committee Muktamar IX PPP).

Amir Uskara yang Ketua Steering Committee (SC) Muktamar IX PPP, pada periode lalu menjabat Wakil Ketua Umum DPP PPP. (*)


Tags: Amir Uskara Muktamar IX PPP Muktamar PPP Suharso Monoarfa

Baca juga