Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah menjalani swab test menandai pencanangan swab massal untuk para guru di Sulsel pada acara peringatan Hari Guru Nasional di Hotel Gammara Makassar, Senin (30/11/2020).

*Bersiap Hadapi Sekolah Tatap Muka Januari 2021

THENEWSULSEL.COM - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof HM Nurdin Abdullah, meluncurkan  program pertama di Indonesia, yakni swab massif bagi guru dari Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Sulsel. 

Swab massif ini merupakan langkah dari Pemprov Sulsel untuk memastikan bahwa seluruh guru se-Sulsel sehat dan aman bagi anak-anak didik di SMK, SMA, dan SLB menghadapi pembelajaran tatap muka. 

"Hari ini, kita launching swab kepada guru dan akan dilanjutkan di seluruh Sulsel. Itu untuk membuktikan kepada anak-anak kita, bahwa guru-guru kita itu sehat, termasuk juga orangtua. Karena kita tahu orangtua punya kekhawatiran yang luar biasa," kata Nurdin Abdullah, di Hotel Gammara, Makassar, Senin (30/11/2020).

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Prof Muhammad Jufri menjalani swab test pada acara launching swab massif untuk guru se-Sulsel pada periingatan Hari Guru Nasional (HGN) di Kota Makassar, Senin (30/11/2020)..

Nurdin Abdullah hadir di Hotel Gammara pada peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tingkat Sulsel tahun 2020. 

Persiapan tes PCR atau swab test itu merupakan sinergi antara Dinas Pendidikan Sulsel dengan Dinas Kesehatan Sulsel, kabupaten/kota se-Sulsel, dan seluruh Forkopimda yang ada. 

"Kami bersama seluruh Forkopimda yang ada mempersiapkan guru-guru kita dengan melakukan swab tes PCR, untuk memastikan bahwa guru-guru kita sehat, karena ini akan menghadapi anak-anak kita," ungkapnya.

Selain itu, tes swab PCR ini juga merupakan salah satu persiapan berdasarkan intruksi dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI. 

Baca: Swab Test untuk Guru di Sulsel Dimulai, Gubernur yang Pertama

"Menteri Pendidikan meminta kepada kita untuk menyiapkan sekolah tatap muka di blan Januari," imbuhnya.

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Prof Muhammad Jufri, menambahkan, launching tes swab massif ini merupakan langkah Dinas Pendidikan Sulsel untuk memastikan seluruh anak didik aman memasuki sekolah tatap muka. 

Baca: Jadwal Liga Champions Pekan Kelima Malam ini, 4 Laga Live di SCTV

"Kita akan melakukan launching swab massif untuk guru-guru di sekolah dan untuk memastikan anak-anak kita sehat di saat masuk sekolah tatap muka," tutupnya. 

Hadir KA SPN Batua, Pangdam Hasanuddin, perwakilan Kejati Sulsel, Dirut Perseroda Sulsel, Kadis Pendidikan Sulsel, Rektor UNM, Rektor UIN Alauddin, dan seluruh stakeholder terkait. (*)


Tags: Gubernur Sulsel Hari Guru Nasional swab test guru

Baca juga