Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah saat memeriksa kesiapan dan peralatan SAR dalam menghadapi bencana di Jl Ahmad Yani, Makassar, Minggu, 20 November 2020

THENEWSULSEL.COM-Tenaga dan peralatan SAR di Sulsel sudah siap menangani bencana yang terjadi di wilayah Sulawesi Selatan. Kepastian kesiapan SAR itu terungkap saat glaDi pasukan dan perlatan SAR yang digelar di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Makassar, Minggu, 15 November 2020.

Gladi pasukan dan perlatan SAR dilaksanakan manjadi rangkaian dari Apel Gelar Pasukan dalam Rangka Kesiapsiagaan Penanganan Bencana Alam dan Pengecekan Peralatan SAR di Wilayah Sulsel, Minggu 15 Nopember 2020.

Baca: NA: Sinergi Pemprov dan Pemkot Kembalikan Kejayaan Makassar

Hadir dan bertibdak sebagai pemimpin upacara Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah, Pangdam XIV Hasanuddin, Kapolda Sulsel, Kabinda, Danlanlantamal, Pangkopsau, Kepala BNN, Kelapa Basarnas.

Menurut Nurdin Abdullah, apel ini menjadi tahapan penting untuk pastikan pasukan benar-benar siap. "Penanganan bencana dengan sistem dan perencaaan yang baik bisa meminimalkan korban jiwa dan material," jelasnya.

Acara ini, jelasnya untuk pastikan peralatan dalam kondisi baik dan bisa digunakan. Menurut pantauan BMKG, jelas Nurdin Abdullah, pada akhir tahun 2020 dan awal tahun 2021 diprediksi ada fenomena Lanina yang berdampak terjadinya bencana alam, angin kencang dan hujan deras yang menyebabkan banjir serta tanah longsor. (#)


Baca juga