ilustrasi aplikasi berbagi pesan WhatsApp

THENEWSULSEL.COM - WhatsApp yang merupakan aplikasi berbagi pesan, terus berupaya memperbaiki layanan untuk penggunanya dengan menghadirkan fitur-fitur baru. 

Pasalnya, dalam kehidupan sehari-hari, penggunaan aplikasi ini sangat populer di dunia. Termasuk di Indonesia. 

Pada awal November 2020, WhatsApp memperkenalkan lagi tiga fitur baru. Dua diantaranya sudah bisa diakses pengguna di Indonesia. 

Sejak Mei hingga pertengahan November 2020 ini, terdapat beberapa fitur baru WhatsApp, yakni:  

Pesan Sementara 

Inilah fitur terbaru WhatsApp, yakni pesan sementara yang dapat hilang dalam jangka waktu 7 hari. Mulai diperkenalkan pada 5 November.

Apa keistimewaannya? Fitur ini memungkinkan pengguna mengirim pesan yang sifatnya hanya sementara dan akan hilang secara otomatis dalam waktu tertentu. 

WhatsApp menjelaskan, menghadirkan fitur ini untuk memberi kemudahan pengguna yang tidak ingin menyimpan pesan dalam jangka waktu lama. 

Tapi, pesan yang bisa hilang otomatis ini hanya tersedia di chat antar pribadi maupun grup. Pada chat grup, hanya admin yang bisa mengaktifkan fitur pesan sementara itu. 

Jika berminat, silahkan cek di PlayStore atau AppStore. 

Menurut video petunjuk dari WhatsApp, jika sudah memperbarui WhatsApp, Anda dapat melihat fitur itu dengan mengetuk profil orang yang ingin Anda hapus pesannya secara otomatis setelah 7 hari.  Langkah berikut, klik tulisan "disappear message" dan pilih "on". 

Jika pesan sementara dinyalakan, media yang dikirim di chat akan hilang (setelah 7 hari), tapi akan tersimpan di galeri ponsel jika Anda menghidupkan opsi "unduh otomatis". 

Mute Selamanya 

Fitur ini diluncurkan bulan Oktober lalu. Sebelum hadirnya fitur ini, WhatsApp hanya bisa membisukan atau mute pesan di grup paling lama setahun. 

Sekarang dengan Whatsapp terbaru versi 2.20.201.23, Anda dapat membisukan pesan grup selamanya. 

Caranya? Silahkan klik ikon titik tiga pada percakapan yang ingin dibisukan. Lalu pilih "mute notification" dan selanjutnya pilih "always". 

Store Management 

Awal November 2020 ini, WhatsApp juga meluncurkan fitur baru bernama Storage Management. 

Fitur ini akan memudahkan Anda mengidentifikasi, meninjau, dan menghapus sejumlah konten atau file pada aplikasi, sehingga dapat menghemat memori penyimpanan di ponsel atau handphone.

Fitur ini juga dapat mengurutkan dokumen berdasarkan ukuran file, mulai dari yang paling besar hingga paling kecil. 

Cara untuk mengakses Storage Manager lumayan mudah, yakni buka menu Settings lewat tombol tiga titik vertikal di kanan atas, kemudian pilih "storage and data", lalu "manage storage". 

Fitur Belanja 

Fitur ini sangat bermanfaat bagi Anda yang punya bisnis online. Sebab, dengan fitur ini, memungkinkan pengguna akun WhatsApp bisnis menjual barang dagangannya.

Sedangkan bagi pengguna WhatsApp standar, dapat memanfaatkan fitur ini membeli barang dari katalog. 

Dengan fitur belanja, Anda juga dapat memilih metode pengiriman dan melakukan pembayaran.

Video Call 50 Orang

Fitur video call WhatsApp hingga 50 orang peserta, bisa dilakukan di WhatsApp versi web, yaitu https://web.whatsapp.com/ 

Untuk menggunakan fitur ini, silahkan akses laman atau tautan di atas. Langkah berikut, pilih menu titik tiga di kanan atas. 

Setelah itu, klik menu "create a room".  Anda akan melihat pop up pemberitahuan untuk melanjutkan ke halaman Messenger Facebook. 

Silahkan memilih opsi "lanjutkan dengan messenger" untuk memulai panggilan video. Nantinya Anda akan dibawa ke halaman baru untuk login Facebook. 

Untuk login, masukkan email dan kata sandi Facebook. Setelah itu, Anda akan ditunjukkan ke halaman yang menyediakan link khusus yang dapat disalin untuk mengundang pengguna lain. (*)



Tags: fitur WhatsApp mute selamanya

Baca juga