Mantan pemain PSM Makassar, Marc Klok setelah pengambilan sumpah setia sebagai WNI di Kanwil Kemenhumkam Jakarta, Kamis (12/11/2020). (foto: bolasport.com)

THENEWSULSEL.COM - Mantan gelandang PSM Makassar, Marc Anthony Klok kini resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Pemain kelahiran Belanda itu mengucapkan sumpah atau janji setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada Kamis (12/11/2020). 

Pengambilan sumpah Marc Klok yang kini membela Persija Jakarta berlangsung di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Cawang, Jakarta Timur. 

Sebelumnya, Marc Klok secara pribadi sudah mengumumkan dirinya menjadi WNI pada 5 Oktober 2020 melalui akun Instagram pribadi.

Namun, ketika itu, Marc Klok masih harus menjalani beberapa tahapan sebelum berhak mendapatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Indonesia. 

Seperti dalam foto-foto yang beredar, Marc Klok datang ke Kantor Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta dengan setelan kemeja putih, dasi merah, dan jas hitam.  

Manajer Persija Jakarta, Bambang Pamungkas, ikut mendampingi Marc Klok pada acara sakral itu. 

Setelah rangkaian acara selesai, Marc Klok kepada awak media mengemukakan, sangat senang setelah resmi menjadi WNI.   

"Terima kasih semua, PSSI, Persija, PSM Makassar, DPR, dan semua. Hari ini 12 November saya resmi WNI," katanya.

Pada hari yang sama, ada dua atlet basket asing yang juga melakukan sumpah setia untuk menjadi WNI, yakni Brandon Van Dorn Jawato dan Lester Prosper.

Tahapan Marc Klok untuk menjadi WNI sudah berlangsung lama. Awalnya, diusulkan oleh manajemen PSM Makassar, ketika Marc Klok masih berseragam PSM .

Pada 5 Oktober 2020, Komisi III DPR RI bersama dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali serta Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menggelar rapat kerja perihal permohonan kewarganegaraan Indonesia secara daring. Marc Klok juga hadir dalam agenda yang dilakukan secara online itu. 

Marc Klok lahir di Kota Amsterdam, Belanda, pada 20 April 1993. Dia memiliki darah Indonesia dari kakek buyutnya. 

Setelah resmi menjadi WNI, Marc Klok yang pertama kali merumput di Indonesia bersama PSM pada 2017, berharap bisa membela tim nasional (timnas) Indonesia. 

Kesempatan Marc Klok berseragam tim merah putih sangat terbuka, mengingat kualitas permainannya sebagai gelandang bertahan. Namun, semuanya tergantung keputusan pelatih timnas Indonesia,  Shin Tae-yong. (*)



Tags: Klok jadi WNI Marc Klok

Baca juga