Pasangan Joe Biden dan Kamala Harris memenangkan Pilpres Amerika Serikat 2020

THENEWSULSEL.COM – Drama pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat (AS) berakhir, Minggu (8/11/2020) WIB.

Calon Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dari Partai Demokrat memenangkan pemilihan setelah mendapatkan total 290 suara Electoral College.

Pada saat pendukung pasangan Joe Biden dan Kamala Harris bergembira, calon presiden petahana, Donald Trump terus meradang.

Donald Trump terus mengumandangkan adanya kecurangan pemilu dan skenario besar untuk menumbangkan dirinya. 

Dalam hitungan salah satu media terkemuka Fox News, Joe Biden akan memenangkan negara bagian Nevada dan persemakmuran Pennsylvania, sehingga cukup untuk memberinya suara elektoral yang dibutuhkan memenangkan pertarungan.

Dalam pernyataannya kepada media, Joe Biden mengemukakan, merasa sangat terhormat karena warga Amerika Serikat memberikan kepercayaan kepadanya memimpin Negeri Paman Sam.

Pria 77 tahun ini menambahkan, sekarang saatnya melupakan kemarahan dan perbedaan pendapat. Kini waktunya bersatu sebagai sebuah bangsa..

Sejumlah pemimpin dunia juga sudah memberi ucapan selamat kepada Joe Biden. 

Sementara itu, dinas keamanan AS meningkatkan keamanan kepada presiden terpilih Joe Biden. 

Termasuk membuat pembatasan penerbangan di atas kediaman Joe Biden di Wilmington, Delaware. Hal ini atas permintaan Dinas Rahasia.

Radius pembatasan diperluas menjadi hampir lima kilometer hingga 11 November. Pelanggar aturan ini terancam hukuman penjara satu tahun dan denda Rp 1,4 miliar.

Sebelum terpilih tahun 2020 ini, Joe Biden pernah dua kali maju sebagai calon presiden, pada Pemilu 1987 dan 2008 namun kalah. (*)


Tags: Joe Biden Kamala Harris Presiden AS

Baca juga