Bantuan APD Organisasi Tionghoa

RAGAMNEWS.ID, MAKASSAR - Tiga dari organisasi Tionghoa di Makassar Provinsi Sulawesi Selatan menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) untuk membantu pencegahan virus Corona.

Ketiga organisasi tersebut adalah Himpunan Indonesia Tionghoa (Inti) dan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) dan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Perwakilan Makassar. 

Bantuan APD tersebut diserahkan melalui Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) dengan dua tahap penyerahan.

Baca: Tumpahan Minyak Kotori Pesisir Pantai Losari Makassar, Pihak Pertamina Lakukan Hal Begini?

Baca: Sudah 203 Jenazah Korban Virus Corona Dikuburkan di Pemakaman Khusus Covid-19 Gowa

Tahap pertama yaitu bantuan perlengkapan APD berupa APD 30 reuseable, Kacamata 30 unit, Masker 10 lembar, 1000 lembar masker kain, Handglove 2500 unit.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Ketua PSMTI Willianto Tanta dan Ketua INTI Piter Gosal kepada Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Hanarko Djodi Pamungkas bertempat di Gazebo Pantai Jalaria Mako Lantamal VI pada Selasa (2/6/2020).

Selanjutnya penyerahan bantuan tahap kedua, dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Perwakilan Makassar oleh Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Perwakilan Makassar Soandy Gosal kepada Danlantamal VI di museum Bahari Lantamal VI pada Rabu (3/6/2020).

Adapun bantuan yang diserahkan berupa Ventilator 1 unit, Rapid Test 100 pack, obat Lianhua 500 pack, sarung tangan 100 pcs, Kacamata Googles 50 pcs, baju Hazmat 50 pcs, masker N95 200 pcs dan masker Sensi 200 pcs.

Danlantamal VI menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan yang diberikan tersebut kepada para ketua organisasi Tionghoa Makassar di Sulawesi Selatan.

Laksamana Pertama TNI Hanarko Djodi Pamungkas berharap bantuan ini dapat mendukung ketersediaan APD para tenaga medis dan tenaga kesehatan.

"Serta berdampak pada pelayanan yang maksimal untuk pasien-pasien penderita positif COVID-19, baik yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Dalam Pemantauan (ODP), maupun terhadap Orang Tanpa Gejala (OTG)," ujarnya.

"Kami sangat mengapresiasi atas bantuan kesehatan berupa APD  yang diberikan oleh pihak PSMTI dan INTI serta Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Perwakilan Makassar ini."

"Hal ini menunjukkan bahwa rasa sosial akan membantu sesama khususnya kepada tenaga kesehatan tumbuh karena soliditas dan sinergitas yang sudah terjalin selama ini dan bantuan APD tersebut kemudian akan diserahkan ke Rumkital Jala Ammari Lantamal VI", ujarnya.

Sementara itu, Karumkit Jala Ammari Lantamal VI Letkol Laut (K) dr Budi Santosa, Sp.P. juga mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan berupa alat kesehatan APD beserta kelengkapannya tersebut.

"Semoga dengan adanya bantuan ini dapat lebih memperkuat pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan kami ini selama pandemi Covid-19 berlangsung", tambahnya. (*)


Tags: Covid-19 Sulawesi Selatan Virus Corona

Baca juga