Dorolonda

THENEWSULSEL.COM, KENDARI – Lonjakan kasus positif Corona terjadi diSulawesi Tenggara dari kluster KM Dorolonda. Kapal milik PT Pelni ini dua kali berlabuh di Kota Baubau Sulawesi Tenggara medio April 2020.

Saat dilakukan Tes Swab kepada penumpang kapal tersebut, lebih dari 70 orang warga Sultra di tiga kabupaten dinyatakan positif terinfeksi wabah Covid-19.

Temuan kasus coronavirus dari kluster KM Dorolonda diantaranya menyebar di Kabupaten Bombana dengan lebih dari 60 kasus, Kabupaten Wakatobi 6 orang dan sisanya di Kabupaten Buton Tengah (Buteng).

Juru Bicara Covid-19 Sultra, dr La Ode Rabiul Awal.

Juru Bicara Covid-19 Sultra, dr La Ode Rabiul Awal saat update data Covid-19 Sultra, Jumat 15 Mei 2020, mengatakan tambahan 16 kasus baru di Sultra, 15 kasus berasal dari Buteng.

Mereka yang dinyatakan positif Corona di Buteng berdasarkan uji swab RT-PCR diketahui bertautan dengan aktifitas KM Dorolonda.

Nyaris sepertiga konfirmasi positif Corona di Sultra yang berjumlah 183 (update Jumat 15 Mei 2020) bersumber cluster kapal pelni KM Dorolonda.

Baca: Ini 5 Tips Cek Mobil Anda Selama Pandemi Virus Corona, Perhatikan Oli hingga Aki

Baca: Panduan Bayar Zakat Fitrah via Online di Website Badan Amil Zakat Nasional

Ada tiga cluster kapal laut teridentifikasi membawa virus Corona di Sultra yakni KM Dorolonda, KM Lambelu dan KM Tidar.

Secara umum sebaran Covid-19 pada 11 kabupaten/kota di Sultra berasal dari delapan cluster yakni pelaku perjalanan umroh, pasien cuci darah, Sukabumi. Berturut, Muna/Bogor, KM Lambelu, KM Tidar dan Ijtima Ulama di Gowa Sulawesi Selatan.

Grafik pasien konfirmasi positif Covid 19 di Sultra, Jumat 15 Mei 2020.

Transmisi Corona dari KM Dorolonda menghentak publik lantaran memicu ledakan varian sindrom pernapasan akut tersebut pada tiga kabupaten sekaligus di Sultra.

Cluster KM Dorolonda sendiri pertama terdeteksi di Bumi Anoa sejak 30 April 2020. Kala itu Gugus Tugas Covid-19 Sultra mengumumkan 4 kasus baru Corona di Kabupaten Bombana dari telusur perjalanan kapal Pelni tersebut.


Tags: Covid-19 KM Dorolonda Pandemi Ramadhan Rapid Test Sulawesi Tenggara Virus Corona

Baca juga