Asosiasi Koral, Kerang dan Ikan Hias Indonesia (AKKII), Gapekhi Sulsel dan Politani Pangkep gelar event Sapa Nelayan di Kecamatan Sangkarrang, Kota Makassar, Sabtu (11/6/2022).

THENEWSULSEL.COM, MAKASSAR - Asosiasi Koral, Kerang dan Ikan Hias Indonesia (AKKII) bersama Gapekhi Sulsel dan Politani Pangkep gelar event Sapa Nelayan di Kecamatan Sangkarrang, Kota Makassar, Sabtu (11/6/2022).

Peserta kegiatan ini adalah puluhan nelayan di Kecamatan Kepulauan Sangkarrang dan mahasiswa dari Prodi Agribisnis Politani Pangkep.

Pelaksanaan kegiatan dilakukan di aula Kantor Kecamatan Kepulauan Sangkarrang, Jl. Maricaya, Pulau Barang Lompo. Bahkan pegawai dari Kantor Kecamatan juga dilibatkan.

Ketua Umum Gapekhi Sulsel Dr Mauli Kasmi SPi MSi mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk sosialisasi dan juga penyuluhan untuk para nelayan di pulau.

"Program ini bertajuk Sapa Nelayan yang mengajak nelayan di pulau lebih paham tentang prospek dan potensi pengembangan budidaya karang hias dan ikan hias," kata Mauli, Minggu (12/6/2022).

Lebih lanjut Mauli menjelaskan, kegiatan di Pulau Barrang Lompo ini merupakan program kerja dari AKKII dan Gapekhi Sulsel. 

Juga menjadi kegiatan pengabdian pada masyarakat dari dosen serta mahasiswa Politeknik Pertanian Negeri Pangkep atau Politani Pangkep.

"Kami dari AKKII dan Gapekhi mengajak para nelayan lebih berdaya. Terutama dalam pembudidayaan karang hias yang ramah lingkungan. Bagaimana prospeknya untuk ekspor," jelas Mauli.

Ketua Pengawas Gapekhi, Sulkifli SPi MSi menambahkan, jika nelayan di pulau merupakan mitra dan stakeholder dari AKKII, Gapekhi serta perguruan tinggi.

"Karena itu, para nelayan harus mendapatkan informasi yang positif dan membangun mereka. Terutama dalam hal peningkatan nilai ekonomi," ujar Sulkifli.


Tags: AKKII Gapekhi Kecamatan Sangkarrang Politani Pangkep

Baca juga