ilustrasi

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA - Pemerintah menetapkan 1 Ramadhan 1443 Hijriah sebagai awal ibadah puasa, jatuh pada hari Minggu, 3 April 2022.

Hal ini berdasarkan hasil sidang isbat yang dilaksanakan Kementerian Agama (Kemenag) RI bersama sejumlah organisasi masyarakat (ormas) Islam pada Jumat (1/4/2022) sore WIB di Jakarta.

Rapat sidang isbat dipimpin oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas yang sekaligus menyampaikan hasilnya kepada media. 

"Secara mufakat 1 Ramadhan jatuh pada Ahad, 3 April 2022. Ini hasil sidang isbat yang disepakati bersama," jelas Yaqut. 

Menurut Kemenag, sidang isbat mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal. 

Pantauan hilal dilakukan pada 101 titik di Indonesia. Menurut Menteri Agama, berdasarkan pantauan hilal pada 101 titik itu, tidak ada satu pun yang melihat hilal. 

Karena itu, pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan 1 Ramadhan  jatuh pada hari Minggu, 3 April 2022. 

Dijelaskan, sidang isbat ini melibatkan peserta dari berbagai lembaga. Antara lain Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, duta besar negara sahabat, dan perwakilan ormas Islam.

Sidang isbat ini juga melibatkan perwakilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan),  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pimpinan MUI, dan Komisi VIII DPR RI. 

Sidang isbat ini dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama pemaparan posisi hilal awal Ramadhan 1443 Hijriah berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi). 

Baca: PAS82 Serahkan Bantuan ke Anggota Tertimpa Musibah Kebakaran Jl Abubakar Lambogo

Tahap kedua, rukyatul hilal (konfirmasi posisi hilal) yang dilakukan Tim Kemenag pada 78 lokasi di seluruh Indonesia. 

Tahap ini dilakukan secara tertutup dan dilaksanakan setelah shalat Maghrib. 

Tahap ketiga atau terakhir adalah pemaparan hasil sidang isbat yang diselenggarakan secara terbuka. (*)



Tags: 1 Ramadan 1 Ramadhan awal Ramadhan Menteri Agama Sidang Isbat Yaqut Cholil Qoumas

Baca juga