Ilustrasi Program Beasiswa Santri Berprestasi (foto: BeasiswaKita.com)

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) RI kembali membuka pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) 2022. 

PBSB merupakan program beasiswa pendidikan untuk santri lulusan pondok pesantren, dayah, surau, meunasah, atau sebutan lainnya yang unggul, serta memiliki potensi akademik yang baik untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan tinggi. 

Program ini sudah berlangsung 17 tahun. Hingga sekarang, Kemenag RI sudah memberikan beasiswa kepada 5.510 santri yang tersebar pada 124 program studi (prodi) pada 22 perguruan tinggi. 

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag, Waryono Abdul Ghafur, membenarkan pendaftaran telah dibuka pada Selasa (15/3/2022). 

Pendaftaran berlangsung satu bulan atau berakhir pada 15 April 2022. 

Tahun ini, Kemenag menyediakan 600 kuota dengan 80 pilihan program studi yang tersebar di 26 perguruan tinggi mitra PBSB. 

"PBSB 2022 sudah dibuka. Kami undang para santri untuk mendaftar. Ada 80 pilihan program studi pada 26 perguruan tinggi," jelas Waryono dalam keterangannya, dikutip dari laman resmi Kemenag RI. 

Baca: Kominfo Buka Beasiswa S2 Dalam Negeri, Ini Syarat dan Cara Mendaftar

Program studi yang tersedia terdiri atas berbagai minat, seperti keagamaan, manajemen pendidikan, sains dan teknologi, kesehatan, hingga sosial humaniora. 

Beasiswa ini terbuka untuk program sarjana (S1) dan magister (S2). 

Syarat Pendaftar 

Warga negara Indonesia (WNI). 


Tags: beasiswa beasiswa S1 beasiswa S2 beasiswa santri Kemenag Kemenag RI

Baca juga