Syahrul Yasin Limpo diangkat menjadi Profesor Kehormatan Unhas Makassar. (foto: fajar.co.id)

THENEWSULSEL.COM, MAKASSAR - Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menggelar acara pengangkatan jabatan Profesor Kehormatan kepada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) dalam bidang hukum tata negara dan kepemerintahan, Kamis (17/3/2022). 

Acara ini berlangsung secara offline dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19 di Ruang Senat, Lantai 2 Gedung Rektorat, Kampus Tamalanrea, Makassar.

Pengangkatan jabatan guru besar itu ditandai dengan pembacaan orasi ilmiah oleh SYL yang berjudul "Hibridasi Hukum Tata Negara Positivisitik Dengan Kearifan Lokal dalam Mengurai Kompleksitas Kepemerintahan". 

Hadir Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu, Senat Akademik, Dewan Profesor, Ketua IKA Unhas, dan tamu undangan lainnya. 

Ketika memberikan sambutan Rektor Unhas memaparkan proses panjang yang dilalui SYL hingga diangkat sebagai profesor kehormatan Unhas. 

SYL yang dua periode menjabat Gubernur Sulsel  dianggap telah berkontribusi besar dalam pemerintahan. 

Orasi ilmiah yang disampaikan SYL merupakan hasil pemikiran yang menjadi bukti kedekatannya dengan masyarakat selama berkiprah dalam dunia politik dan pemerintahan. 

Rektor menjelaskan, pengusulan ini dilakukan sejak tahun 2017 dan baru terealisasi tahun 2022. 

Menurutnya, SYL mempunyai pengalaman yang luas. Hasil pemikirannya merupakan persilangan akademik dengan pengalaman dalam dunia birokrasi. 

"Karir beliau dimulai dari bawah hingga berada pada posisi saat ini. Tidak banyak tokoh Indonesia seperti beliau," kata rektor, seperti dikutip dari kompas.com. 

Dijelaskan, SYL memiliki perjalanan politik yang berbeda dibandingkan tokoh-tokoh nasional lainnya. 

Kariernya dimulai dari bawah, kepala desa, camat, dan bupati, gubernur, dan kini menjadi menteri. 


Baca juga