Program Guru Penggerak

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) membuka pendaftaran calon guru penggerak angkatan VII. 

Kali ini, Kemendikbud Ristek memberi kesempatan bagi guru di 446 kabupaten dan kota sasaran untuk menjadi agen transformasi pendidikan di Indonesia melalui Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan VII. 

Pendaftaran Calon Guru Penggerak (CGP) dan Calon Pengajar Praktik (CPP) dibuka mulai Senin (14/3/2022). 

Informasi ini disampaikan melalui akun Instagram Ditjen GTK Kemdikbud, belum lama ini. 

Guru Penggerak merupakan pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya.

Sedangkan Calon Pengajar Praktik (CPP) adalah orang yang mendampingi (mentor/coach) peserta menjalankan perannya sebagai calon guru penggerak, khususnya pada saat pelatihan selama 9 bulan. 

Pengajar Praktik akan diundang sebagai instruktur tamu pada proses pendampingan. 

Pendaftaran Calon Pengajar Praktik (CPP) dapat diikuti oleh guru berpengalaman (Guru Ahli), Kepala Sekolah, Akademisi, Praktisi, Konsultan Pendidikan pada kabupaten/kota sasaran Program Guru Penggerak. 

Persyaratan Umum

Tidak sedang mengikuti diklat CPNS, PPG, atau kegiatan lain yang bersamaan dengan proses rekrutmen dan pendidikan guru penggerak. 

Terbuka untuk guru PNS maupun Non-PNS (sekolah negeri dan swasta).

Punya akun guru di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) 

Pendidikan minimal S1/D4.

Pengalaman minimal mengajar 5 tahun.


Tags: Guru Penggerak Kemendikbud Kemendikbud Ristek Kemendikbud Ristek RI program guru penggerak Program Kemendikbud RI

Baca juga