Andi Sudirman Sulaiman

THENEWSULSEL.COM, MAKASSAR - Presiden Joko Widodo dijadwalkan melantik Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk sisa masa jabatan 2022-2023 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (10/3/2022) sore WIB. 

Andi Sudirman yang selama ini menjabat sebagai Wakil Gubernur (Wagub) Sulsel, menggantikan posisi Prof Dr Nurdin Abdullah yang tersandung kasus hukum. 

Andi Sudirman yang adik mantan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman akan memimpin Provinsi Sulsel sekitar 18 bulan.

Pelantikan Gubernur Sulsel digelar bersamaan dengan pelantikan Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) bersama wakilnya. 

Karena masih pandemi Covid-19, maka tamu undangan yang boleh hadir sangat terbatas, hanya tiga orang.

Ketiganya adalah Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika, Sekda Sulsel Abdul Hayat, dan istri Andi Sudirman Sulaiman.

Pelantikan Andi Sudirman digelar setelah DPRD Sulsel melaksanakan rapat paripurna pemberhentian Nurdin Abdullah sebagai Gubenur Sulsel pada Senin, 24 Januari 2022 lalu. 

Andi Sudirman akan menjabat Gubenur Sulsel tanpa wakil gubernur hingga akhir masa jabatan. Sebab, untuk mengisi kekosongan jabatan wagub hanya bisa dilakukan jika sisa masa jabatan gubernur definitif lebih dari 18 bulan. 

Aturan ini tertuang dalam Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 (UU Pilkada) tentang pengisian jabatan wakil kepala daerah yang kosong.

Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sudah menyampaikan ke DPRD Sulsel bahwa batas pengisian jabatan Wagub Sulsel hanya hingga 5 Maret 2022.

Dengan catatan, Andi Sudirman Sulaiman sudah menjadi Gubernur Sulsel definitif. Tetapi, sampai batas waktu 5 Maret 2022, tidak ada pelantikan Gubernur Sulsel definitif.


Baca juga