Ilustrasi

THENEWSULSEL.COM, JOGYAKARTA - Kesempatan bagi lulusan SMA/SMK sederajat kuliah gratis program D4 dengan tanggungan beasiswa. 

Politeknik Teknologi Nuklir BRIN, Yogyakarta, saat ini membuka pendaftaran mahasiswa baru (maba) dengan tanggungan beasiswa untuk kuliah D4. Pendaftaran ditutup 31 Maret 2022. 

Sesuai laman resmi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Plt. Deputi Bidang SDM Iptek, Edy Giri Rachman Putra menjelaskan, untuk tahun akademik 2022/2023, BRIN memberikan kebijakan biaya kuliah nol rupiah untuk kuliah di Politeknik Teknologi Nuklir. 

Pihaknya berharap, melalui kebijakan ini (kuliah nol rupiah), jumlah mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan riset semakin banyak. 

Ia mengungkapkan, kebijakan biaya kuliah nol rupiah ini akan diimplementasikan secara terus-menerus, sambil dilakukan evaluasi. 

Tujuannya, pembinaan dini untuk pengembangan talenta nasional dalam bidang riset dan inovasi. 

Menurut Plt. Direktur Politeknik Teknologi Nuklir BRIN, Muhtadan, kebijakan biaya kuliah nol rupiah ini mencakup biaya pendaftaran mahasiswa baru (maba) dan uang kuliah setiap semester selama kuliah.. 

Mahasiswa tidak perlu mengeluarkan biaya apapun yang terkait dengan pelaksanaan pendidikan, selama masa studi. 

Keuntungan lainnya, lulusan Politeknik Teknologi Nuklir akan dibekali sertifikat kompetensi tambahan, seperti petugas proteksi radiasi (PPR) Industri dan Medik, Operator perangkat NDT (Radiografi dan UT).

Mahasiswa Politeknik Teknologi Nuklir akan diberikan pula kesempatan menjadi research assistant pada pusat penelitian di BRIN. 

Selain itu, alumni Politeknik Teknologi Nuklir mendapat kesempatan mengambil beasiswa Degree by Research untuk jenjang S2 hingga S3 dengan tanggungan biaya dari BRIN.

Jurusan dan Program Studi

Politeknik Teknologi Nuklir BRIN Politeknik Nuklir memiliki dua jurusan dan tiga program studi (prodi), yakni jurusan Teknokimia Nuklir dengan prodi Teknokimia Nuklir. 

Kemudian jurusan Teknofisika Nuklir dengan prodi Elektronika Instrumentasi dan Elektromekanik. 


Baca juga