Wakil Rektor III Unhas Prof Dr Arsunan Arsin

THENEWSULSEL.COM, MAKASSAR - Universitas Hasanuiddin (Unhas) Kota Makassar kembali membuka penerimaan mahasiswa baru (maba) melalui jalur ketua OSIS.

Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas menyelenggarakan sosialisasi Jalur Mandiri Program Pembinaan Bakat Kepemimpinan Bagi Ketua OSIS di Wilayah Timur Indonesia secara virtual, Selasa (8/2/2022).

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Prof Dr Arsunan Arsin, mengemukakan, penerimaan maba melalui jalur Ketua OSIS sudah dimulai sejak tahun 2019. Cakupan awal hanya wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel).  

Berdasarkan hasil evaluasi, antusiasme calon mahasiswa mendaftar lewat jalur ini sangat tinggi. Karena itu diputuskan bahwa cakupannya diperluas yakni kawasan timur Indonesia.

Prof Arsunan menambahkan, mahasiswa yang lulus jalur ketua OSIS umumnya aktif dalam organisasi kampus. Antara lain berkiprah di Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). 

Dijelaskan, Unhas memberikan kesempatan bagi 12 provinsi di kawasan timur Indonesia. Setiap provinsi akan ada kuotanya.

"Mungkin kami akan menerima 80 hingga 100 mahasiswa baru melalui jalur ini," katanya. 

Prof Arsunan mengemukakan, Unhas terus berkomitmen menghasilkan luaran berkualitas. Mahasiswa yang sebelumnya pernah menjadi ketua OSIS diyakini akan mudah dibina menjadi intelektual dengan semangat dan jiwa kepemimpinan.

Baca: Beasiswa Ajinomoto untuk Kuliah S2 di Jepang, Tunjangan Bulanan Rp 23 Juta, Ini Informasinya

Karena itulah Unhas membuka kesempatan bagi para Ketua OSIS Kawasan Timur Indonesia untuk bergabung menjadi bagian dari Unhas.

Untuk proses seleksi, sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Pendaftar akan melalui serangkaian tes untuk kemudian ditetapkan lulus atau tidaknya yang bersangkutan.


Baca juga