Ilustrasi

THENEWSULSEL.COM, ARAB SAUDI - Pemerintah Arab Saudi membuka peluang beasiswa bagi pelajar internasional, termasuk dari Indonesia. 

Meneriknya, sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) di Arab Saudi sekarang tidak hanya memberikan beasiswa untuk belajar ilmu agama, tetapi juga ilmu sain dan teknologi.

Informasi ini disampaikan Atdikbud KBRI Riyadh, Badrus Sholeh. Sambil menambahkan, sejumlah universitas di Indonesia sudah menjalin kerja sama dengan universitas yang ada di Arab Saudi. 

Badrus Sholeh mencontohkan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) telah menjalin kerja sama dengan King Fahd University of Petroleum and Minerals (KFUPM).

Badrus menyampaikan hal ini dalam webinar “Peluang Beasiswa Pendidikan Sarjana (S1) Bidang Sains dan Teknologi di Perguruan Tinggi Negeri Arab Saudi”, seperti dilansir dari laman Kemendikbud Ristek. 

Webinar ini memberi informasi mengenai program beasiswa eksternal yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Arab Saudi bagi pelajar asing untuk kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) di berbagai wilayah di Arab Saudi. 

Webinar digagas oleh Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Jeddah bekerja sama dengan Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Riyadh dan Kelompok Belajar (Pokjar) Madinah.

Baca: Untuk Lulusan SMA/MA/SMK, Kuliah Gratis D4 Politeknik Teknologi Nuklir BRIN, Ini Cara Daftar

Tunjangan Bulanan 

Guru besar Fakultas Komputer dan Teknologi Informasi di King Abdulaziz University Jeddah, Anton Satria Prabuwono menjelaskan, beberapa PTN di Arab Saudi mempunyai reputasi internasional yang sangat bagus, baik dari segi peringkat, akreditasi, maupun aktivitas kerja sama internasional.

Selain sisi akademik, Anton Satria menambahkan bahwa fasilitas bagi mahasiswa internasional di Arab Saudi sangat mencukupi. 


Tags: Arab Saudi beasiswa beasiswa mahasiswa beasiswa S2 Mahasiswa S1 program S1 program S2 S3

Baca juga