Ilustrasi

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) memperluas cakupan penerima beasiswa. 

Salah satu diantaranya adalah tawaran beasiswa non-gelar untuk para pendidik vokasi, yakni guru SMK dan dosen vokasi. 

Program beasiswa tersebut sudah berjalan tahun 2021 dan rencananya dilanjutkan tahun 2022 ini.

Melalui beasiswa ini, Kemendikbud dan LPDP bekerjasama untuk membiayai kegiatan peningkatan kapasitas para guru SMK atau dosen vokasi di luar kampus.

Misalnya, sertifikasi, program magang, pelatihan, serta penguatan riset dan riset-riset keilmuan dosen vokasi. 

Menurut Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik), Abdul Kahar, pihak Kemendikbud Ristek melihat keinginan besar dari dosen, guru, pelaku budaya, dan mahasiswa berprestasi untuk meningkatkan kapasitas melalui program pendidikan gelar maupun non-gelar. 

“Saat ini kita lebih fokus dalam rangka peningkatan kapasitas SDM yang ada di bawah (pembinaan) Kemendikbud Ristek," kata Abdul Kahar pada webinar Silaturahmi Merdeka Belajar, seperti dikutip dari laman Kemendikbud Ristek, Rabu (5/1/2021).  

Keinginan besar itu yang mendorong Kemendikbud dan LPDP memberikan beasiswa bagi pelaku budaya dan guru.  

Untuk informasi mengenai program dan pendaftaran beasiswa, termasuk bagi guru SMK dan dosen vokasi, silakan buka laman beasiswa LPDP melalui tautan https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/

Atau buka laman Kemendikbud melalui link https://beasiswa.kemdikbud.go.id/.


Tags: beasiswa beasiswa guru beasiswa LPDP LPDP

Baca juga