Timnas Indonesia

THENEWSULSEL.COM,SINGAPURA - Ramai Rumakiek mengaku siap melakoni pertandingan kontra Singapura dalam leg kedua semifinal Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu (25/12/2021). Meski diketahuinya laga kedua tim ini digelar saat hari Raya Natal.

Tentu saja ini bisa menjadi dilema tersendiri bagi pemain-pemain yang merayakannya. Namun, Ramai menegaskan seluruh penggawa Timnas Indonesia yang merayakan Natal siap tempur karena ini demi negara.

Apalagi, skuad Garuda --julukan Timnas Indonesia-- butuh kemenangan agar bisa melenggang ke final. Terlebih Singapura diuntungkan status tuan rumah karena bakal banyak dukungan dari suporter.

"Saya untuk besok natal, mungkin kita main bela negara ya, mau natal atau tahun baru, kami siap. Khususnya bagi kami yang merayakan Natal sudah siap untuk laga besok," kata Ramai dalam konferensi pers virtual, Jumat (24/12/2021).

Seperti diketahui, Ramai tidak bermain di leg pertama karena akumulasi kartu. Saat itu, Timnas Indonesia ditahan 1-1 oleh Singapura pada 22 Desember lalu.

Pemain Persipura Jayapura itu melihat rekan-rekannya sudah cukup baik dalam bermain. Namun, karena kebobolan membuat mental pemain menjadi down.

"Menurut saya di leg pertama karena saya tak main karena akumulasi pemain di lapangan tak begitu capek ya, karena strategi juga bagus yang diturunkan coach Shin Tae-yong," terang Ramai.

"Mungkin pemain saya lihat agak sedikit mental ya, karena mereka (Singapura) golin lalu dibalas, mereka agak down mungkin di situ kami pemain lengah," pungkasnya.

Timnas Indonesia harus meraih kemenangan dengan skor berapa pun di laga melawan Singapura ini jika ingin lolos ke final.

Sebab, di semifinal Piala AFF 2020 regulasi keuntungan gol tandang dihapus karena digelar terpusat di Singapura akibat pandemi Covid-19

Jika hasil imbang bertahan hingga waktu normal, Timnas Indonesia Harus menang melalui tambahan waktu 2x15 menit. Jika masih imbang juga, tim Merah Putih harus meraih kemenangan melalui adu tendangan penalti.(*)


Baca juga