Ilustrasi

THENEWSULSEL.COM, SWISS - Drawing atau undian babak 16 besar Liga Champions 2021-2022 akan berlangsung hari ini, Senin (13/12/2021). 

Sesuai jadwal, drawing akan berlangsung pukul 18.00 WIB di markas UEFA, Kota Nyon, Swiss. 

Publik sepakbola dapat menyaksikan undian itu melalui live streaming di webesite uefa.com. 

Sebanyak 16 tim yang lolos dari fase grup, terbagi menjadi dua pot yakni tim unggulan (seeded) dan  non unggulan (unseeded). 

Pot unggulan berisi tim-tim juara grup. Sedangkan pot non unggulan berisi tim runner-up grup. 

Dalam pot non unggulan, terdapat tim bertabur bintang Paris Saint-Germain (PSG) yang diperkuat Lionel Messi, Neymar Jr, dan Kylian Mbappe. 

Sesuai penjelasan UEFA di laman resminya, tim dari grup dan liga yang sama, tidak akan bertemu di babak 16 besar Liga Champions. 

Babak 16 besar atau fase gugur akan berlangsung dalam format dua leg atau kandang dan tandang. Leg pertama akan berlangsung di kandang tim non unggulan.

Rencananya, leg pertama berlangsung pada 15, 16, 22, dan 23 Februari 2022. 

Sedangkan leg kedua dijadwalkan berlangsung pada 8, 9, 15, dan 16 Maret 2022. 

Musim ini, UEFA menghapuskan aturan keunggulan gol tandang. Jika agregat berimbang setelah leg kedua selesai, maka laga dilanjutkan dengan perpanjangan waktu.

Jika agregat masih sama, maka penentuan pemenang lewat adu penalti. (*)


Tags: 16 besar 16 besar Liga Champions Babak 16 Besar Bayern Muenchen Chelsea drawing Liga Champions jadwal 16 besar Juventus Liverpool Manchester City Manchester United PSG Undian Liga Champions

Baca juga