Ilustrasi

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA - Kabar baik bagi siswa dan mahasiswa yang membutuhkan kuota internet untuk pembelajaran secara daring atau online. 

Kuota internet gratis dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dijadwalkan cair lagi pada 11-15 Desember 2021.

Sesuai informasi di laman kemendikbud.go.id, Kemendikbudristek menerbitkan kebijakan pemberian bantuan data kuota internet untuk membantu akses informasi bagi guru, siswa, mahasiswa, dan dosen dalam menjalani Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama masa pandemi Covid-19.  

“Kami berharap bantuan kuota (internet) ini menjadi jembatan sebelum proses belajar tatap muka berjalan sepenuhnya. Semoga peserta didik, guru, dosen, dan mahasiswa memanfaatkan bantuan kuota ini secara maksimal untuk membantu proses belajar mengajar,” kata Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, di Jakarta, beberapa waktu lalu. 

Bantuan kuota data internet di tahun 2021 merupakan kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi, kecuali yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Begitu juga yang tercantum pada situs resmi bantuan kuota data internet Kemendikbudristek: http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id. 

Nilai bantuan untuk anak didik PAUD adalah 7 GB/bulan, peserta didik jenjang SD/sederajat dan SMP/sederajat 10 GB/bulan. 

Bagi guru pendidikan anak usia dini (PAUD), pendidikan dasar dan menengah sebesar 12 GB/bulan. 

Bagi mahasiswa dan dosen dapat bantuan 15 GB/bulan.  

Nadiem Makarim menjelaskan, masa berlaku kuota data internet ini selama 30 hari sejak kuota data diterima.

Cara Mengecek Kuota 

Cara mengecek kuota internet gratis dari Kemendikbud ini berbeda-beda di setiap operator seluler. 

Untuk Telkomsel misalnya, dilakukan dengan mengakses menu dial: *363#, *888#, atau melalui aplikasi MyTelkomsel. 

Untuk XL dan Axis dapat dilakukan di aplikasi myXL, AXISnet atau myXLprio. 

Cara lainnya melalui jalur akses konten atau UMB, sebagai berikut: 1. Tekan *123#; 2. Pilih 7. Info; 3. Kemudian, pilih 1. Info kartu XL-ku; 4. Pilih 6. Info paket; 5. Selanjutnya pilih 3. Terus belajar. 

Pengguna XL dan Axis juga dapat mengecek kuota internet gratis dengan menekan *123*7*1*6*3#. 

Untuk pengguna Three (3), biasanya akan mendapat notifikasi dari operator melalui SMS. 

Jika tidak menerima notifikasi, cek kuota internet juga bisa dilakukan di *123*0*10*3#. 

Cara lain melalui SMS bisa dengan cara mengetik INFO KUOTA lalu kirim ke 234. 

Untuk pengguna Indosat Ooredoo, cek bantuan kuota internet melalui *123*075# atau aplikasi myIM3. 


Tags: Kemendikbud Kemendikbud RI Kemendikbud Ristek Kemendikbud Ristek RI kuota internet kuota internet gratis mahasiswa Nadiem Nadiem Makarim SD SMA SMP

Baca juga