Kepala sekolah, guru, dan siswa-siswi Madrasah Muallimin Muhammadiyah Cabang Makassar. Madrasah ini didirikan Buya Hamka tahun 1932.

THENEWSULSEL.COM, MAKASSAR - Madrasah Muallimin Muhammadiyah Cabang Makassar didirikan oleh Prof Dr Hamka atau Buya Hamka tahun 1932 dan sampai kini tetap hadir menjalankan proses pembelajaran. 

Saat ini, total siswa sebanyak 114 orang dan siswa baru 2021 sebanyak 34 orang. Tenaga guru yang membina siswa sebanyak 21 orang dan 6 orang telah mendapat sertifikasi guru serta ada 8 orang dengan jenjang pendidikan magister (S2). 

Informasi ini disampaikan Kepala Madrasah Muallimin Muhammadiyah Cabang Makassar, Dahlan Sulaiman, S. Ag  M. Pd.I dalam rilisnya, Jumat 3 Desember 2021.

Dijelaskan, sebagai madrasah tertua yang didirikan Prof Dr Hamka, sekolah ini telah melahirkan banyak tokoh dan pimpinan ummat serta pimpinan Muhammadiyah di berbagai tempat. 

Tercatat mereka yang pernah pimpin madrasah ini sejak berdiri, di antaranya Buya Hamka, KH Akib, KH Makmur Ali, KH Malik Ibrahim, KH Hafid Imran, H Halim Yahya, KH Syamsuddin Latif, dan H. Arsyad.

Alumninya antara lain KH Nasruddin Razak, KH Muh Alwi Uddin, KH Dahlan Yusuf, Prof Dr Abd Rahedrbyvman Getteng, Prof Dr Musafir Pababbari, Prof Dr Hasyim Aidit, Dr H. Syaban Liba MM.

Drs H Tahir Hasan SH MH, Dr.H Syamsul Alam SH, MH, Drs H Mansur Kadir M Ag, H Ahmad Mukhtar MW dan lainnya. 

"Mempertahankan kualitas pembelajaran maka langkah yang ditempuh di antaranya, peningkatan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan, berkaitan pengelolaan pembelajaran serta pelayanan prima oleh staf," katanya. 

Menyiapkan fasilitas mendukung proses pembelajaran khususnya di dalam ruang kelas ber-AC, sejak 6 tahun terakhir. 

Mengaktifkan kegiatan ekskul bidang olahraga seni, dan Al Islam Kemuhammadiyahan.


Tags: Buya Hamka Madrasah Muallimin Muhammadiyah Prof Dr Hamka