Petinggi PTN UT Makassar silaturrahim dengan Pengurus Daerah Muhammadiyah Soppeng, Senin (15/11/2021).

THENEWSULSEL.COM, SOPPENG - Pihak Universitas Terbuka (UT) Makassar sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ke-45, belakangan ini gencar bersilaturrahmi bersosialisasi membuka ruang kerjasama dan berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan.

Seperti yang dilakukan pada Senin, 15 November 2021, petinggi PTN UT Makassar menjalin silaturrahim dengan Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Soppeng di sekretariat PDM Soppeng di Kota Watansoppeng.

Pada silaturrahim dan sosialisasi tersebut, Direktur UT Makassar Drs. Hasanuddin, M.Si, didampingi, Prof Dr H. Abdul Rahman Rahim, SE, MM dan Drs. Subirman Musa, M.Hum Dosen UT Makassar serta PJ Rayon Kabupaten Wajo, Soppeng, Bone dan Enrekang.

Pada silaturrahim itu, mereka diterima oleh Ketua PDM Soppeng, Drs. H. Kasniadi, M.Pd serta para pengurus Muhammadiyah Soppeng lainnya, Dr. H. Djamaluddin, S.Sos, M. Pd, Drs. Suloparma, pengurus Aisyiyah Soppeng dan para guru Muhammadiyah.

H. Kasniadi pada kesempatan itu menyambut baik silaturrahim dengan UT Makassar dan merespon positif rencana merintis kerjasama antara PDM Soppeng dan UT Makassar.

Direktur UT Makassar Hasanuddin pada kesempatan itu menjelaskan, UT adalah PTN ke-45 menyelenggarakan pendidikan melalui sistem terbuka dan jarak jauh. UT ini diresmikan 1984 berdasarkan Kepres No. 41 tahun 1984.

Terbuka bermakna setiap orang dapat belajar di UT dengan kapasitas yang dimiliki serta mengandung arti adanya kegiatan belajar-mengajar yang tidak dibatasi ruang dan waktu.

Jarak jauh mengandung pengertian adanya jarak antara yang belajar dan mengajar. Jarak ini dijembatani dengan media belajar khusus dikembangkan untuk belajar jarak jauh.

Pada kesempatan itu dijelaskan juga keunggulan UT termasuk kampus tanpa batasan, waktu kuliah yang fleksibel, mandiri lewat teknologi, kualitas terjamin dan terakreditasi, biaya terjangkau, bebas biaya bangunan dan uang pangkal, tidak pandang usia dan lulusan tahun berapa.

Baca: Lowongan Kerja BUMN Konstruksi, Buka Banyak Posisi, untuk Lulusan S1 Berbagai Jurusan

Dijelaskan, UT mengelola empat fakultas yakni; Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Sains dan Teknologi serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Jenjang prodi mulai dari Diploma, S1, S2 dan S3. Program pascasarjana magister dibuka sejak 2004 dan sejak 2019 membuka program S3 untuk prodi Doktor Ilmu Administrasi Publik dan Doktor Ilmu Manajemen.


Tags: Muhammadiyah Soppeng PDM Soppeng PTN UT PTN UT Makassar Universitas Terbuka UNiversitas Terbuka Makassar UT Makassar

Baca juga