Google Doodle Ismail Marzuki

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA - Pada momentum Hari Pahlawan yang jatuh pada Rabu (10/11/2021), Google Doodle mengenang komponis besar Indonesia, Ismail Marzuki. 

Pemerintah Indonesia menobatkan Ismail Marzuki sebagai Pahlawan Nasional pada 2004 atas kontribusi besarnya di bidang budaya. 

Melalui pernyataan resminya, Google mempersembahkan Google doodle hari ini untuk Ismail Marzuki. 

Google menyampaikan, "Terima kasih telah menulis soundtrack untuk kemerdekaan Indonesia!"

Ismail Marzuki merupakan seorang komponis besar Indonesia. Karena jasa besarnya, namanya diabadikan sebagai pusat seni di Jakarta yaitu Taman Ismail Marzuki di kawasan Cikini, Jakarta Pusat. 

Mengutip wikipedia, Ismail Marzuki lahir dan besar di Jakarta dari keluarga Betawi. Pria ini lahir di Kampung Kwitang, tepatnya di Kecamatan Senen, wilayah Jakarta Pusat pada 11 Mei 1914. 

Kecintaannya pada dunia musik sudah terlihat sejak remaja. Pada umur 17 tahun, ia mengarang lagu pertamanya berjudul "O Sarinah" di tahun 1931. 

Tahun 1936, Ismail Marzuki memasuki perkumpulan orkes musik Lief Java sebagai pemain gitar, saxophone, dan harmonium pompa. 

Tahun 1940, ia menikah dengan Eulis Zuraidah, seorang primadona dari klub musik yang ada di Kota Bandung, Jawa Barat. 

Pada masa penjajahan Jepang, ia ikut aktif dalam orkestra radio pada Hozo Kanri Keyku Radio Militer Jepang. 


Tags: Google Google Doodle Ismail Marzuki komponis komponis Indonesia komponis Ismail Marzuki Rayuan Pulau Kelapa Taman Ismail Marzuki

Baca juga