Rektor UNM Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN Eng bersama Menpora Dr. H. Zainuddin Amali, S.E, M.S pada sosialisasi Desain Besar Olahraga Nasional, Minggu (7/11/2021).

THENEWSULSEL.COM, MAKASSAR - Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN Eng menegaskan, untuk  membangun tatanan olahraga secara profesional hingga level nasional bahkan ke level internasional, maka terlebih dahulu harus menghadirkan infrastruktur olahraga yang berstandar nasional bahkan internasional. 

Hal tersebut dikemukakan rektor dalam pembukaan Sosialisasi Perpres Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional di Hotel Myko Convention Center, Makassar, Minggu (7/11/2021).

“Mohon izin Pak Menteri yang saya banggakan, terlebih dahulu saya ingin sampaikan bahwa jujur saya sangat salut dengan berbagai gebrakan Pak Menteri demi memajukan olahraga nasional kita di tanah air tercinta ini dengan berbagai ide dan gagasan untuk prestasi olahraga kita. Termasuk Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) ini menjadi bagian dari ide-ide cemerlang Pak Menteri,” ujar Prof. Husain Syam.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa hadirnya DBON ini di tengah masyarakat menjadi satu penanda bahwa kita semua berkeinginan kuat untuk mengembangkan olahraga menjadi lebih baik.

Tetapi tidak bisa dilakukan dengan sendiri-sendiri, harus bersinergi dan berkolaborasi dengan pihak terkait mulai dari pemerintah hingga ke kampus-kampus, dan tentu saja kami di UNM memiliki Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) yang siap bersinergi demi pengembangan olahraga Indonesia.

“Satu hal lagi yang perlu dipikirkan bersama jika kita benar-benar ingin mengembangkan olahraga secara profesional, maka sangat perlu dilibatkan teman-teman para sarjana olahraga yang memang berkompoten dalam bidangnya," tambahnya. 

"Oleh sebab itu, dengan adanya Ikatan Sarjana Olahraga (Isori) Indonesia yang bersinergi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sudah tepat dan berada di jalan yang benar,”pungkasnya.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Dr. H. Zainuddin Amali, S.E, M.Si mengatakan bahwa DBON ini lahir atas arahan Presiden untuk mereview secara total proses pengembangan keolahragaan kita ke depan.

Baca: Rekap Hasil Liga Inggris: Liverpool Akhirnya Kalah, Arsenal Melejit ke Papan Atas

“Karena itu, budaya berolahraga masyarakat kita memang perlu terus ditingkatkan dan masyarakat harus segar dan bugar demi menghasilkan talenta-talenta dan bibit atlet potensial masa depan Indonesia yang akan berbicara banyak di level nasional maupun internasional, karena hulunya adalah kebugaran dan hilirnya adalah prestasi,”pungkas Zainuddin Amali. (*)



Baca juga