Roehana Koeddoes

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA - Situs pencari paling populer di dunia, Google pada hari ini, Senin (8/11/2021) menampilkan ilustrasi doodle wajah sesosok perempuan yang mengenakan kerudung khas Sumatera, Roehana Koeddoes.

Siapa Roehana Koeddoes? Sosok ini merupakan jurnalis atau wartawati  perempuan pertama Indonesia yang menjadi simbol kesetaraan gender dan kebebasan berekspresi.

Pada November 2019 lalu, pemerintah Indonesia memberi anugerah gelar Pahlawan Nasional bagi Roehana karena prestasi dan jasa besarnya kepada negara.

Sesuai penjelasan di laman Google Doodle, Roehana Koeddoes lahir dengan nama Siti Roehana pada 20 Desember 1884 di Koto Gadang, Sumatera Barat (Sumbar).

Lahir dan besar di masa sulit, Roehana menikmati pendidikan yang layak. Salah satu kesukaannya adalah membaca koran.

Informasi yang diperolehnya dari membaca koran kemudian dibagikan kepada teman-temannya seusianya. 

Tahun 1911, Roehana mulai berkiprah di bidang pendidikan. Ia mendirikan sekolah pertama di Indonesia yang secara khusus ditujukan bagi kaum perempuan.

Roehana mendirikan sekolah itu di daerah kelahirannya, Kota Gadang. Ia turun langsung sebagai tenaga pengajar. 

Setahun kemudian, Roehana merambah bidang lain. Ia membuat surat kabar pertama khusus perempuan di Indonesia yang bernama Soenting Melajoe.

Kehadiran Soenting Melajoe kemudian menginspirasi perkembangan beberapa surat kabar perempuan lainnya yang terbit belakangan.

Alasan Roehana mendirikan surat kabar ini, karena maraknya kabar kesewenang-wenangan terhadap kaum perempuan yang terjadi pada masa itu.


Tags: jurnalis perempuan pertama Koto Gadang Roehana Roehana Koeddoes Soenting Melajoe St Roehana Sumatera Barat surat kabar wartawan perempuan pertama wartawati pertama Indonesia