Program Guru Penggerak

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA - Pemerintah memperpanjang pendaftaran Calon Guru Penggerak (CGP) dan Calon Pengajar Praktik (CPP) Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 5. 

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mengimbau guru segera menyelesaikan pendaftaran maksimal 5 November 2021, pukul 23.59 WIB. 

Informasi ini disampaikan akun GTK Kemendikbud Ristek RI. 

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Anwar Makarim menegaskan, Guru Penggerak merupakan talenta pemimpin masa depan, seperti kepala sekolah, pengawas dan lainnya. 

Mendikbud Ristek mengungkapkan, lulusan Program Guru Penggerak (PGP) akan mendapatkan prioritas untuk menempati posisi strategis di lembaga pendidikan, seperti posisi kepala sekolah. 

"Untuk itu, kami merancang regulasi yang mendukung dan memastikan alumni Guru Penggerak benar-benar mendapatkan prioritas dan kesempatan pertama di posisi kepemimpinan,” jelas Nadiem Makarim seperti dirangkum dari laman Kemendikbud Ristek,beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan, program Guru Penggerak merupakan pelatihan yang diberikan kepada guru sebagai upaya memberikan dampak nyata pembelajaran di kelas agar menjadi lebih menyenangkan dan bukan sekadar pendidikan dan pelatihan (diklat) biasa. 

“Guru bukan sekadar dilatih cara mengajarnya saja, tetapi dibuka pemikirannya agar secara mandiri dapat bereksperimen dan percaya diri mengikuti instingnya dalam menciptakan format pembelajaran yang menyenangkan, sehingga murid pun merasakan perbedaannya di kelas,” kata Nadiem. 

Baca: Lowongan Kerja Besar-besaran Telkom, Pendaftaran Hingga Desember 2021

Syarat Umum Peserta

1. Tidak sedang mengikuti kegiatan diklat CPNS, PPG, atau kegiatan lain yang dilaksanakan secara bersamaan dengan proses rekrutmen dan pendidikan guru penggerak. 


Tags: Guru Penggerak Kemendikbud Kemendikbud Ristek Kemendikbud Ristek RI kepala sekolah Nadiem Nadiem Makarim pengawas sekolah program guru penggerak

Baca juga