Ilustrasi buah kurma

THENEWSULSEL.COM-Banyak cara dilakukan untuk menaikkan trombosit, salah satunya dengan mengonsumsi beberapa jenis buah.

Trombosit adalah salah satu jenis sel darah yang membantu pembekuan darah. Kadar trombosit yang rendah atau trombositopenia dapat menyebabkan perdarahan hingga menjadi tanda kondisi yang lebih serius, seperti leukemia.

Meski demikian, apakah benar ada buah untuk menaikkan trombosit? Jika iya, buah seperti apa yang perlu dimakan? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Pilihan buah untuk menaikkan trombosit

Meski tidak secara langsung menaikkan kadar trombosit (keping darah/platelet), ada buah-buah tertentu yang dapat membantu produksi sel darah. Itu sebabnya, buah-buah ini disebut dapat membantu meningkatkan trombosit.

Kandungan folat, zat besi, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, dan vitamin K dalam buah-buahan tertentulah yang berperan dalam meningkatkan jumlah trombosit.

Berikut ini beberapa buah yang direkomendasikan untuk membantu produksi sel darah dan meningkatkan kadar trombosit.

1. Jeruk

Jeruk dan buah citrus lainnya, seperti yuzu, merupakan pilihan buah yang tepat untuk menaikkan trombosit. Jeruk terkenal akan kandungan vitamin C tinggi yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C juga membantu trombosit bekerja dengan benar dan meningkatkan kemampuan tubuh menyerap zat besi. Zat besi diketahui sebagai komponen penting dalam sel darah, termasuk sumber nutrisi bagi trombosit.


Baca juga