Dosen Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK) UNM melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Kabupaten Gowa, beberapa waktu lalu..

THENWSULSEL.COM, MAKASSAR - Dosen Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK) Universitas Negeri Makassar (UNM), Muliadi, S.Pd., M.T (Ketua Tim Pelaksana), Dyah Darma Andayani, S.T., M.Tel.Eng (Anggota Pengabdi), dan Hilda Ashari, S.Pd., M.Pd (Anggota Pengabdi), melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yakni Pemberdayaan Warga Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) di Kabupaten Gowa. 

Kegiatan itu merupakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) tahun 2021 di bawah koordinasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar (UNM). 

Pelaksanaannya berlangsung di Kelurahan Kalegowa, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, beberapa waktu yang lalu.

Ketua Tim Pengabdi, Muliadi, S.Pd., M.T menyatakan,  kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan pelatihan pembuatan website gratis yang digunakan dalam mengenalkan program pembinaan anak asuh.

Juga digunakan mempromosikan dan memasarkan beberapa produk usaha yang dikelola di LKSA Nur Uswatun Hasanah, Kabupaten Gowa, yang dijadikan mitra kegiatan. 

”Metode yang kami gunakan pada kegiatan pengabdian ini adalah ceramah, tanya jawab, diskusi untuk materi yang bersifat pengetahuan, dan materi pelatihan yang bersifat keterampilan digunakan metode demonstrasi, praktik, dan pemberian tugas," jelasnya.

Selanjutnya, solusi yang dilakukan dalam menyelesaikan persoalan mitra, yaitu kegiatan pelatihan pembuatan website gratis yang digunakan dalam mengenalkan program pembinaan anak asuh, mempromosikan dan memasarkan beberapa produk usaha yang dikelola di LKSA Nur Uswatun Hasanah.

Baca: Cara Edit Video Jadi Pengantin yang Sedang Viral, Pakai Aplikasi Tempo

Lebih lanjut dijelaskan, hasil yang dicapai dalam kegiatan pengabdian itu adalah 10 orang anak asuh usia produktif dari mitra yang terampil dan kompeten dalam merancang, mendesain, dan mengembangkan website gratis yang dibekali pengetahuan digitalisasi manajemen pemasaran sehingga lebih efektif dan terkendali. 


Tags: dosen PTIK UNM Dosen UNM Kabupaten Gowa LP2M UNM PKM PKM LP2M UNM program PKM PTIK UNM Universitas Negeri Makassar UNM

Baca juga