Ilustrasi: Kakbah di Mekah

THENEWSULSEL COM-Pengetahuan tentang biaya ibadah haji dan umrah di Indonesia menjadi “syarat wajib” yang harus dimiliki oleh calon jemaah haji dan umrah.

Hal itu agar para calon jemaah dari salah satu ibadah yang dianjurkan untuk umat muslim apabila mampu secara finansial dan fisik ini dapat memperkirakan atau membuat estimasi sederhana tentang biaya yang harus mereka persiapkan atau yang harus ditabung agar dapat menuju tanah suci Mekkah.

Namun, sebelum mengetahui lebih lanjut tentang perbedaan di antara keduanya, di bawah ini akan dipaparkan terlebih dahulu tentang estimasi biaya haji dan umrah yang perlu diketahui.

Estimasi Biaya Ibadah Haji dan Umrah

Biaya haji

– Haji plus

Ini merupakan program haji yang diselenggarakan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) yang diawasi langsung oleh Kemenag RI. Di antara fasilitas unggulannya, yakni proses pergi haji yang cepat. Untuk daftar tunggu pada program ini juga relatif memakan waktu yang singkat. Adapun perkiraan biaya ibadah haji plus 2021 sebesar $11 ribu untuk paket Quad yang diperuntukkan untuk peserta yang berangkat sendiri atau rombongan.

Sementara itu, jika ingin melakukan ibadah haji bersama keluarga, bisa memilih paket Triple atau Double. Untuk paket Triple, pendaftar akan dikenakan biaya $11.750 dan paket Double $12.750 atau dalam rupiah biayanya sekitar Rp156 juta hingga Rp180 juta.

– Haji reguler

Biasanya, biaya haji ini akan murah ketimbang haji plus. Untuk masa waktunya juga lebih lama daripada haji plus, yakni sekitar 11 tahun hingga 29 tahun. Menurut data terbaru Kemenag RI, biaya haji reguler 2021 sekitar Rp44,3 juta.

– Haji Furoda

Dalam program haji ini, calon jemaah haji berangkat tidak menggunakan jatah kuota haji Indonesia. Adapun visa hajinya berupa undangan langsung dari pemerintah Arab Saudi. Melalui program ini, calon jemaah tidak perlu menunggu antrean, layaknya pada haji plus dan haji reguler. Untuk estimasi biayanya pada tahun 2021 diketahui mulai dari $17 ribu hingga $30 ribu per orang atau dalam rupiah sekitar Rp24 juta hingga Rp42 juta.


Baca juga