ilustrasi aplikasi berbagi pesan WhatsApp

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA - Layanan tiga WhatsApp (WA), Instagram, dan Facebook mengalami down secara bersamaan, Senin (4/10/2021).  

Gangguan ini dialami pengguna di hampir seluruh negara, termasuk di Indonesia.  

Di Indonesia, keluhan pengguna tidak bisa mengakses layananan WA, Instagram, dan Facebook mulai ramai sejak pukul 22.46 WIB.  

Melalui akun Twitter masing-masing, pihak WA, Instagram, dan Facebook memberikan penjelasan mengenai gangguan tersebut. 

"Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan produk kami. Kami sedang berupaya agar semuanya kembali normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," tulis akun Facebook. 

Sedangkan akun WhatsApp melalui Twitter menjelaskan, mereka mengalami gangguan dan sedang dalam upaya untuk memperbaikinya. 

"Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami masalah dengan WhatsApp saat ini. Kami sedang berusaha untuk mengembalikan semuanya menjadi normal dan akan mengirimkan pembaruan di sini sesegera mungkin. Terima kasih atas kesabaran Anda!," tulis WhatsApp. 

Informasi senada disampaikan akun Instagram melalui Twitter. 

"Instagram dan teman-teman sedang mengalami sedikit kesulitan saat ini, dan Anda mungkin mengalami masalah saat menggunakannya. Bersabarlah bersama kami, kami siap!#instagramdown," tulis WhatsApp.

Malam Hari 

WhatsApp, Instagram, dan Facebook dilaporkan down atau mengalami gangguan, Senin (4/10/2021) malam, sekitar pukul 22.46 WIB. 

Hal itu seperti tercatat di laman downdetector. Sejumlah netizen mengeluhkan tidak dapat mengirim pesan melalui WhatsApp. (*)


Baca juga