Pertandingan cabang olahraga senam PON XX Papua di Istana Olahraga Stadion Lukas Enembe, Ahad (3/10/2021). Sulsel raih emas dari cabang ini..(foto: Humas KONI Sulsel).

THENEWSULSEL.COM, JAYAPURA - Kontingen Sulawesi Selatan (Sulsel), Ahad (3/10/2021) akhrnya menyabet dua medali emas setelah pertandingan-pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 Papua mulai berlangsung sejak 22 September 2021.

PON XX dibuka resmi oleh Presiden Joko Widodo, Sabtu (2/10/2021) malam WIT di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Papua. 

Permbukaan yang berlangsung di stadion termegah di Asia Pasifik ini dinilai sebagai upacara pembukaan olahraga termegah yang pernah terjadi di Indonesia.

Kedua medali emas itu, pertama disumbang Sri Eviyanti dari cabang Muaythai kelas 45 kg putri setelah mengalahkan atlet putri Aceh dalam pertandingan yang berlangsung di Gedung Olahraga STT Gidi Sentani, Kabupaten Jayapura. 

Atlet Sulsel lainnya, Zul Bimantara yang turun di kelas 54 kg putra harus puas meraih medali perak, setelah takluk dari atlet tuan rumah Papua. 

Bimantara sebenarnya digadang-gadang meraih medali emas, namun sejak pertandingan sebelumnya, dia sudah mengalami cedera dan menghadpai lawan yang sama di final.

Cabang ini menyediakan 16 medali emas, yakni 7 emas untuk putri dan 9 medali emas untuk putra.

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman  didampingi Ketua Umum KONI Sulsel Ellong Tjandra,  Kadispora Sulsel Andi Arwin Azis dan sejumlah ofisial Sulsel lainnya menyaksikan pertandingan final cabang ini. 

Medali emas kedua disumbang Mufia dari cabang senam nomor palang bertingkat yang pertandingannya berlangsung di Istana Olahraga Stadion Lukas Enembe, Ahad (3/10/2021).

Mufia yang mengoleksi nilai 11.033, mengalahkan rekan-rekan satu pemusatan latihan nasional (pelatnas) lainnya, yakni Tasza Miranda (Jawa Timur) meraih poin 11.000, Nadia Indah (DKI) poin 10.500 dan Ar Martiany, juga dari DKI yang mengumpulkan poin 10.167. 

Baca: Jadwal Liga Inggris Malam Ini: Bigmatch Liverpool vs Man City, Live SCTV

Humas KONI Sulsel M. Dahlan Abubakar melaporkan dari Papua, Senin (4/10) ini Sulsel akan turun bertanding pada cabang-cabang olahraga Renang Indah, Menembak, Selam Laut, yang berlangsung di Kota Jayapura.

Cabang-cabang ini dharapkan dapat menyumbangkan medali emas bagi Sulsel. (*)



Tags: Andi Sudirman Sulaiman cabang Muaythai cabang olahraga Muaythai cabang senam cabor senam Ellong Tjandra ketua KONI Sulsel kontingen Sulsel medali emas medali emas PON Plt Gubernur Sulsel PON XX Papua Stadion Lukas Enembe Zul Bimantara

Baca juga