Pelatih PSM Milomir Seslija

CIKARANG,THENEWSULSEL COMPSM Makassar bertemu Barito Putera di pekan kelima Liga 1 2021/22, Senin (27/9) sore WIB. Bermain di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, 'Juku Eja' kalah dengan skor 0-2.

Dua Barito Putera di cetak di babak kedua. Aleksandar Rakic membuka skor di menit 47, lalu disusul gol Rafinha memasuki menit 60.

Dengan hasil ini, PSM gagal mengambil alih puncak klasemen sementara Liga 1 2021/22 dari Bali United. PSM yang sudah mengoleksi 8 poin, berpotensi mengungguli Bali United yang punya 10 poin dari 4 laga.

Jika PSM menang atas Barito, puncak klasemen bisa diamankan dengan total 11 poin. Namun, karena PSM kalah, mereka kini turun ke posisi kelima, setelah sebelumnya menempati urutan ketiga.

Di lain sisi, Barito Putera akhirnya meraih kemenangan pertama dan ke luar dari zona degradasi. Barito yang sebelumnya berada di dasar klasemen (posisi 18) dengan hanya punya 1 poin, kini naik ke urutan 14 dengan koleksi 4 poin.

Starting XI PSM vs Barito Putera

PSM: Syaiful Syamsuddin, Zulkifli Syukur, Hasim Kipuw, Erwin Gutawa, Abdul Rachman, Wiljan Pluim, Rasyid Bakri, Sutanto Tan, Yakob Sayuri, Anco Jansen, Ilham Udin Armaiyn.

Barito Putera: Muhammad Riyandi, Bagas Kaffa, Dandi Maulana, Azamat Baimatov, Rifky Suryawan, Luthfi Kamal, Bayu Pradana, Rafael Gomes de Oliveira (Rafinha), Buyung Ismu Lessy, Aleksandar Rakic, Beni Oktovianto.

Jalannya Laga PSM vs Barito Putera

Pertandingan berjalan ketat di babak pertama. Kedua tim saling melancarkan serangan ke gawang lawan.

Barito lebih dulu mengancam di menit keempat lewat Aleksandar Rakic. Rakic mendapat peluang yang diawali skema corner kick, sepakannya masih melebar.

Di menit 23, giliran PSM yang mendapat peluang dari corner kick. Erwin Gutawa menyambut umpan dengan sundulan, namun belum menemui sasaran.

PSM kembali melancarkan serangan 5 menit berselang lewat kerja sama Ilham Udin dan Wiljan Pluim. Momen tersebut diakhiri aksi Pluim yang memutar badan, lalu melepaskan tembakan. Bola sedikit melebar ke sisi kanan gawang Barito.

Jelang turun minum, PSM melakukan counter attack cepat. Anco Jansen berlari di sisi kanan, dan memilih langsung mengeksekusi tembakan dari luar kotak penalti. Bola melayang di atas mistar.

Skor sama kuat 0-0 bertahan hingga akhir babak pertama.

Barito langsung tancap gas usai kembali dari ruang ganti. Mereka berhasil membuka keunggulan saat babak kedua baru berjalan dua menit (47').

Bagas Kaffa, yang bermain di sisi kanan, mengirim umpan ke kotak penalti. Bola disambut tandukan kepala Aleksandar Rakic dan langsung merobek gawang PSM. 1-0 Barito unggul.

PSM coba memberi respons cepat. Di menit 53, Anco Jansen melepaskan free kick jarak dekat, namun masih melebar dan mendarat ke jaring kiri gawang Barito.

Tujuh menit berselang, Barito justru mampu menggandakan keunggulan, kali ini lewat aksi Rafinha. Rafinha menyisir sisi kanan pertahanan PSM, ia melakukan beberapa gerakan tipu sebelum mengirim bola ke pojok kiri gawang. 2-0 Barito unggul.

PSM mencetak gol saat laga memasuki menit 74 lewat sepakan Ilham Udin. Sayang, gol tersebut dianulir wasis karena Ilham Udin dianggap berada dalam posisi offside.

Baca: Jadwal Liga 1 Malam Ini: PSM Makassar vs Barito Putra, Tira vs Persib Bandung

Baca: PSM Makassar Kalahkan Persik dan Pimpin Klasemen, Ini Kata Pelatih Milomir Seslija

Di sisa waktu, PSM terus berupaya membobol gawang Barito Putera. Namun, solidnya permainan tim lawan membikin serangan-serangan PSM patah saat memasuki area pertahanan.

Baca: Aturan Baru, Bisa Naik KA atau Pesawat Tanpa Unduh PeduliLindungi, Kapan Berlaku?

Alhasil, skor 2-0 untuk Barito Putera bertahan hingga laga usai. PSM Makassar gagal merebut puncak klasemen dan Barito Putera berhasil ke luar dari zona degradasi.(*)


Baca juga