Mendikbud Nadiem Makarim

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA - Kabar gembira bagi para guru honorer. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim mengungkapkan, pemerintah akan mengangkat 100.000 guru honorer menjadi guru Pegawai Pemerintah dengan Pperjanjian Kerja (PPPK). 

Nadiem menjelaskan, hal itu berdasarkan hasil sementara seleksi guru PPPK tahap pertama yang berlangsung pada September 2021 ini. 

"Berdasarkan seleksi pertama saja ya, sekitar hampir 100.000 guru honorer dari seluruh Indonesia akan segera diangkat menjadi guru PPPK. Nah, ini mohon tepuk tangannya untuk 100.000 guru yang sudah lolos," kata Nadiem dalam rapat dengan Komisi X DPR, Kamis (23/9/2021). 

Mendikbud Ristek menjelaskan, 100.000 guru honorer tersebut merupakan 30 persen dari total 326.476 formasi yang mendapatkan pelamar. 

Total jumlah formasi yang tersedia atau dibuka pada seleksi PPPK guru tahun 2021 ini sebanyak 506.247 formasi. 

Nadiem yakin bahwa jumlah guru honorer yang diangkat menjadi guru PPPK akan bertambah berdasarkan hasil tes seleksi berikutnya. 

"Lebih banyak lagi yang akan diangkat setelah ujian seleksi kedua dan ketiga. Alasannya banyak, mereka tentunya sudah mengetahui (materi) tes yang pertama, tes kedua biasanya akan meningkat (nilainya)," ujar Nadiem.

Baca: Jadwal Liga 1 Hari Ini: Persik vs PSM Makassar, Persib vs Borneo FC, Menunggu Gol Anco Jansen Lagi

Ia menambahkan, formasi yang tersedia pada seleksi berikutnya juga akan lebih banyak karena pihaknya terus berupaya meyakinkan daerah-daerah untuk menyediakan formasi bagi guru PPPK. 

Nadiem mengungkapkan, jumlah sekitar 100.000 guru honorer yang akan diangkat menjadi guru PPPK tersebut baru berdasarkan rekap awal. 

Baca: Lowongan Kerja Pertamina untuk Lulusan D3 Berbagai Jurusan, Ini Informasi Lengkapnya

Saat ini, pengolahan data hasil ujian seleksi pertama PPPK guru 2021 masih berlangsung. Panitia seleksi nasional masih berembuk untuk memfinalisasi hasil ujian tersebut. 

Nadiem memberi 'bocoran', pengumuman lengkap ujian seleksi pertama akan dilakukan beberapa hari ke depan. (*)



Tags: pelamar guru PPPK pendaftaran guru PPPK penerimaan PPPK PPPK seleksi guru PPPK seleksi PPPK seleksi PPPK guru syarat guru PPPK

Baca juga