Akademisi Dr. Mas’ud Muhammadiah, M.Si (kedua dari kanan) menerima plakat setelah menjadi pemateri Latihan Kepemimpinan II Gabungan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Barru (Gappembar), Rabu (15/9/2021).


THENEWSULSEL.COM, MAKASSAR – Akademisi Dr. Mas’ud Muhammadiah, M.Si menjadi pemateri pada Latihan Kepemimpinan II Gabungan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Barru (Gappembar) yang berlangsung di Makassar, Rabu, 15 September 2021.

Di hadapan peserta pelatihan, Wakil Rektor II Unibos Makassar ini menekankan pentingnya sumber dana yang jelas (kongkret) bagi organisasi daerah (organda), seperti Gappembar. 

Menurutnya, jika terkendala sumber dana, maka  terjadi berbagai permasalahan lainnya. Misalnya, lemahnya manajemen kesekretariatan sebuah organda.

Ia melanjutkan, akibat lain dari kelemahan tersebut, maka penyelenggaraan program kerja organda mengalami banyak kendala. Selain itu, proses kaderisasi dan regenerasi umumnya tidak berjalan normal.  

Ujung-ujungnya, tambah Mas’ud, peran strategis organisasi pemuda/mahasiswa tidak bisa termanfaatkan secara maksimal oleh pemuda itu sendiri. 

Jika hal tersebut tidak dapat berjalan baik, maka peran aktif pemuda sulit juga diharapkan terlaksana. 

Baca: Jadwal Liga Champions Malam Ini: Besiktas vs Dortmund, Liverpool vs AC Milan, Live SCTV

Tiga peran aktif pemuda itu, sebut Mas’ud, yakni adanya kekuatan moral pemuda, peran kontrol sosial, dan posisi pemuda sebagai agen perubahan.


Latihan kepemimpinan II ini diselengarakan Gappembar di Makassar selama sepekan, 11-18 September 2021.

Peserta terdiri atas mahasiswa berbagai perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta dan asal kecamatan yang ada di Kabupaten Barru. (*)



Tags: Barru Gappembar Kabupaten Barru latihan kepemimpinan Unibos Unibos Makassar Wakil Rektor Unibos Warek II Unibos

Baca juga