Ilustrasi CPNS 2021

BONE,THENEWSULSEL.COM – Jadwal pelaksanaan ujian seleksi CPNS lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone. Dijadwalkan, pada bulan Oktober mendatang.

Sebanyak 5.333 peserta yang bakal bersaing dari kuota yang tersedia untuk CPNS tahun ini hanya 211.

Kabid Pengadaan, Pemberhentian, dan Informasi BKPSDM Kabupaten Bone, Abd. Rahman mengatakan untuk jadwal pelaksanaan tes kita mengacu surat edaran BKN

“Jadi seleksi kompetensi dasar (SKD) untuk Bone dijadwalkan 4 Oktober 2021 bertempat di CCC Makassar,” katanya kepada sulselekspres.com.

Dikatakan Rahman, untuk pelaksanaan tes seleksi CPNS nantinya sangat ketat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

“Jadi peserta yang akan ikut tes harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya,” lanjutnya.

Sementara itu, peserta seleksi berasal dari jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). Pemerintah menggratiskan biaya tes antigen dan vaksin.

Hal itu tertuang dalam surat Kementerian Kesehatan kepada seluruh daerah di Indonesia nomor: SR.04.01./II/2309/2021 sekaitan fasilitas antigen dan vaksin Covid-19 pada peserta seleksi PPPK guru.

Bupati Bone, H Andi Fahsar mengungkapkan kami akan merespons dengan baik petunjuk kementerian dan memberikan fasilitas kepada peserta. Dan berupaya kami fasilitasi.

Terpisah, Sekretaris Dinas Kesehatan Bone, drg Yusuf Tolo menjelaskan, pemerintah akan mengikuti instruksi dari pusat, namun belum ada anggaran khusus yang disiapkan.

“Soal anggarannya nanti kita lihat (apakah dari Bantuan Tak Terduga). Kami akan bicarakan dulu dengan pihak penyelenggara, yang jelas rapid antigennya akan didropping oleh pusat. Cuma dukungan pelaksanannya seperti bahan habis pakai yang perlu disiapkan. Pastinya petunjuknya sementara untuk PPPK saja,” jelasnya.

Baca: Ini Jadwal SKD CPNS Pemprov Sulsel, Calon yang Positif Covid-19 Harap Melapor, Ada Jadwal Susulan

Baca: Perserta dari Makassar Pecahkan Rekor Nasional Nilai SKD Tes CPNS 2021, Inilah Sosoknya

Kepala BKPSDM Bone, Andi Fajaruddin menerangkan hampir semua daerah membebankan kepada peserta untuk tes PCR, karena sejak awal perencanaan pengadaan CPNS, Pemkab tidak menganggarkan biaya tes antigen bagi pelamar.

Baca: MPM PWM Sulsel MoU dengan Ponpes Darul Fallaah Unismuh Bissoloro, Berdayakan Jamaah Tani Santri

“Kalau untuk penerimaan PPPK, pelaksanaannya langsung di bawah koordinasi Kemendikbud. Untuk fasilitasi tes antigen langsung ditangani oleh Dinkes masing-masing,” terang mantan Kepala BPKAD Bono ini.(*)


Baca juga