Suasana pembukaan silaturrahim IKA BKPRMI Sulsel di Hotel Alauddin Makassar, Sabtu (11/9/2021). Sesepuh nasional BKPRMI Ir. H. Dr. Muh Jazir, ASP 'dibakar' oleh penari pepe-peka ri Makka.

THENEWSULSEL.COM, MAKASSAR - Suasana silaturrahim Ikatan Kekerabatan Alumni  Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (IKA BKPRMI) Sulsel digelar Sabtu, 11 September 2021 di Hotel Alauddin, Jl. Sultan Alauddin Kota Makassar.

Pada prosesi pembukaan acara silaturrahim,  ditampilkan tarian api adat tradisional asal Makassar yang bernama tarian Pepe Pepeka ri Makka. 

Pada tarian ini, ada tiga penari laki-laki yang memainkan api dalam bentuk obor digenggam yang diiringi suara gedang bertalu-talu.

Di tengah iringan tarian dan gendang, salah seorang penari api itu naik panggung dan mengajak sesepuh nasional BKPRMI Ir. H. Dr. Muh Jazir, ASP, ikut menari di depan para peserta silaturrahim.

Tiga penari api kemudian menyulut badan dan pakaian Muh Jazir. Api di tangan penari yang disulut ke sesepuh nasional BKPRMI ini tidak membakar kulit dan pakaian yang digunakan sampai tarian berakhir. 

Tarian api itu jadi salah satu agenda dalam pembukaan acara silaturrahim IKA BKPRMI Sulsel.

Pada acara in,i tampil membawakan orasi ilmiah sesepuh nasional BKPRMI Ir. H. Dr. Muh Jazir, ASP. 

Ketua IKA BKPRMI Sulsel, Dr. H. Abubakar Wasahua, MH dalam sambutan pembukaan mengatakan, acara  ini bertujuan membangun kembali tali silaturrahmi diantara aktifis BKPRMI dari masa ke masa.

Baca: Terbuka Lowongan Kerja di Rumah Sakit Ternama, Terima Lulusan SMA/SMK, D3, dan S1

Para alumni BKPRMI kini  telah merambah berkarier pada semua bidang dan sukses. Ada yang masuk jadi tenaga dosen di perguruan tinggi negeri dan swasta, birokrat, politisi dan pebisnis.

Pertemuan yang digagas hari ini akan membangun persatuan sesama alumni dan kader yang senantiasa menjunjung persatuan sepanjang hayat. 

BKPRMI dengan para alumni dan kader senantiasa berposisi pemersatu dan pelurus ummat.


Tags: Abubakar Wasahua alumni BKPRMI DPW BKPRMI Sulsel Dr Abubakar Wasahua Hotel Alauddin IKA BKPRMI IKA BKPRMI Sulsel Irwan Hasbi sesepuh BKPRMI

Baca juga