Prosesi penyambutan dan pengukuhan mahasiswa baru (maba0 2021 Universitas Kristen Tentena (Unkrit) Poso dilaksanakan secara virtual.

THENEWSULSEL.COM, POSO - Prosesi penyambutan dan pengukuhan mahasiswa baru (maba0 2021 Universitas Kristen Tentena (Unkrit) Poso dilaksanakan Kamis 10 September 2021 ditandai ibadah syukuran maba secara virtual dan kuliah umum dibawakan sosiolog Dr I Ketut Yokobus STh, M.Si serta penganugerahan sertifikat mahasiswa berprestasi.

Dekan Fisip Unkrit, Dr I Ketut Yokobus STh.,MSi, tampil membawakan kuliah umum dengan mengusung tema, Membangun Toleransi di Tengah Kemajemukan Bangsa Melalui Pendekatan Hibridisasi Wacana.

“Pilihan pada tema ini, karena adanya fenomena sosial yang berpotensi merusak keberagaman bangsa Indonesia,” ungkap doktor sosiologi PPs-UNM ini. 

Lewat hibridisasi wacana mahasiswa dapat memproteksi konflik lebih dini, sebab hibridisasi adalah strategi penyelesaian konflik bersifat soft power dengan memaksimalkn peran dan fungsi aktor dalam memproduksi dan mereproduksi wacana wacana yg bersifat inklusif dan unggul. 

Tujuannya adalah mengkanter penyebaran wacana-wacana yang bersifat hoax dan provokatif. 

Endingnya agar civitas akademika Unkrit mampu menerapkan di tengah keberagaman, kemajemukan khususnya daerah Tanah Poso karena daerah tersebut di kenal dengan daerah pasca konflik. 

Pada pengukuhan mahasiswa baru itu sekaligus penerimaan tiga mahasiswa berprestasi Unkrit yang memenangkan kompetisi Taekwondo yang dilaksanakan Pangdam Pattimura lewat virtual diikuti 919 peserta.

Mahasiswa Unkrit  berhasil menggodol medali. Masing-masing atas nama Fresto AndersonTakapente, meraih  medali emas, pada final mengalahkan 4 peserta lainnya. Sedangkan Feky Maila meraih perak dan Reinal Torua memeroleh perunggu. 

Ketua Panitia Maba 2021 Unkrit, Yessy Kristina Fentar  SS , M.Pd menyatakan, bersyukur atas terdaftarnya 100 lebih mahasiswa baru, dan masih ada beberapa mahasiswa program, extension dan mahasiswa, reguler dari pedalaman yang akan mendaftar. Mereka itu terlambat karena kelambatan info akibat pembatasan Wilayah PPKM masa Covid-19. 

Baca: Lowongan Kerja Anak Usaha BUMN PT Geo Dipa, Terima Banyak Lulusan S1

Pengukuhan mahasiswa baru ini dihadiri Rektor Unkrit,  Yulian Taaha SE, MSi, Warek II Dr. Abdi Walenta SE, MM. 

Para dekan yakni, Dekan Fekon, Fajar Sangkide, SE, MM, Dekan FKIP Sepriyanus Rano Putra Tujuka S.Pd, M.Pd,  Dekan Pertanian, Mariane Mamondol SP, MSi.

Selain itu hadir semua Kaprogdi dari 8 Progdi dan seluruh civitas akademika kampus lainnya. (*)

(Laporan Yosafat Tabasi S.Pd, M.Hum, Dosen FKIP Universitas Kristen Tentena Poso)



Tags: mahasiswa baru Rektor Unkrit Unkrit Poso

Baca juga