Kartu kuning untuk Ronaldo saat lakuka selebrasi

LISBON, THENEWSULSEL.COM - Kapten Timnas Portugal Cristiano Ronaldo mendapatkan kartu kuning karena berselebrasi membuka kaus saat melawan Republik Irlandia. Momen itu dianggap kesengajaan dari Ronaldo karena dia bisa absen di laga berikutnya dan mengisi tenaga demi membela Manchester United.

Cristiano Ronaldo dipastikan absen membela Timnas Portugal pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa melawan Timnas Azerbaijan, Selasa (7/9/2021) malam WIB. Hal tersebut terjadi setelah Ronaldo mendapat kartu kuning pada laga kontra Timnas Irlandia, Kamis (2/9/2021) dini hari WIB.

Kartu kuning diberikan wasit Matej Jug lantaran CR7 merayakan golnya dengan cara membuka kaus. Dengan demikian, Ronaldo terkena hukuman akumulasi kartu kuning dan absen di laga selanjutnya.

Entah sengaja atau tidak, tapi momen ini disebut berdampak baik bagi Ronaldo dan Man United. Absen karena akumulasi kartu membuat pemain berusia 36 tahun itu jadi bisa kembali lebih cepat ke klub barunya tersebut. Di samping itu, pemain kelahiran Madeira sudah diizinkan pelatih Fernando Santos untuk kembali lebih cepat.

Karena tidak bisa tampil melawan Azerbaijan, maka Ronaldo bisa langsung terbang ke Inggris dalam waktu dekat. Apalagi, Santos sudah berencana untuk tidak melibatkan sang kapten dalam laga persahabatan melawan Timnas Qatar pada Sabtu (4/9/2021) malam WIB.

“Saya paham mengapa Cristiano melakukan hal itu (selebrasi buka kaus). Dia memiliki emosi yang kuat, mencetak dua gol dan membantu kami meraih kemenangan. Namun, saya yakin dia sudah menyesalinya,” papar Santos, dinukil dari The Sun, Kamis (2/9/2021).

“Sekarang, kami harus memutuskan apakah dia akan tetap bersama tim atau tidak. Dia sekarang terkena larangan bermain. Tidak masuk akal bila kami membawanya untuk laga melawan Azerbaijan,” imbuh pelatih asal Portugal itu.

Melihat kondisi yang ada, Ronaldo mungkin saja kembali ke Man United pada akhir pekan ini. Bila tetap dimainkan pada laga uji coba melawan Qatar, maka pemain bernomor punggung 7 itu baru bisa kembali ke Manchester paling cepat pada Minggu (5/9/2021).

Kapan pun Ronaldo kembali, yang diuntungkan tetap Man United. Pelatih Man United, Ole Gunnar Solskjaer, jadi bisa mengintegrasikan anak asuhnya itu dengan rekan setim. Apalagi, sejumlah personel Iblis Merah tetap berada di Carrington lantaran tidak dipanggil oleh timnas masing-masing.

Selain itu, tenaga Ronaldo juga bisa disimpan sehingga dia akan tampil lebih bugar pada pertandingan berikutnya di Liga Inggris 2021/2022. Terdekat, Man United akan menantang Newcastle United pada Sabtu (11/9/2021) malam WIB di Stadion Old Trafford.

Pertandingan itu bisa menjadi debut kedua bagi Ronaldo bersama Man United. Patut dinanti apakah benar Ronaldo jadi pulang lebih awal, atau tetap menemani Timnas Portugal hingga laga melawan Azerbaijan.(*)


Baca juga