Salah satu varian All New Nissan Leaf

JAKARTA,THENEWSULSEL.COM – Seperti sudah diduga, Nissan Indonesia akhirnya memperlihatkan All New Nissan Leaf yang resmi dijual di Indonesia. Mobil bertenaga listrik ini diperkenalkan PT Nissan Motor Distribusi Indonesia dalam sebuah peluncuran virtual hari ini, Rabu, 18 Agustus 2021.

Untuk memikat para pembeli, Nissan memberikan garansi All New Nissan Leaf selama 3 tahun atau 100 ribu km.

Perusahaan otomotif ini juga memberikan garansi baterai selama 8 tahun atau 160 ribu km. Tak ketinggalan biaya perawatan selama 5 tahun atau 70 ribu km.

“Peluncuran ini menunjukkan komitmen Nissan untuk membawa mobilitas elektrifikasi semakin dekat bagi masyarakat Indonesia,” kata Presiden Direktur PT Nissan Motor Distributor Indonesia, Evensius Go, dalam peluncuran virtual seperti dikutip dari Liputan6.com, Rabu 18 Agustus 2021

Aman Petir dan Banjir

Kendaraan listrik itu menggunakan baterai lithium-ion 40 kWh yang bisa menempuh jarak sejauh 311 km dalam sekali isi daya. Pengisian ini setara dengan penggunaan rata-rata harian 40 km selama seminggu.

Nissan juga telah mengembangkan sendiri baterai All New Nissan Leaf yang diuji secara ketat. Hasilnya, tak ditemukan permasalahan serius yang terjadi pada baterai saat menempuh total jarak 10 miliar kilometer dari kendaraan yang sudah terjual di seluruh dunia.

Mobil ini juga telah diuji kualitas dan ketahanan yang paling ketat, terutama banjir dan petir.

Perusahaan otomotif itu memastikan pengisian daya kendaraan listrik aman dalam berbagai kondisi cuaca dan dirancang khusus untuk melindungi kendaraan dan penumpang dari sengatan listrik yang berarti pengisian daya Nissan Leaf dapat dilakukan dengan aman, bahkan saat hujan.

Harga All New Nissan Leaf

All New Nissan Leaf bisa diisi daya dengan pengisian portable (3,3 kw). Ini memungkinkan baterai bisa terisi penuh dalam waktu 12-15 jam. Selain itu pengisian daya bisa dilakukan dengan daya home charger (AC 7,4 kw) yang dapat mengisi penuh baterai dalam waktu 5-7 jam.

Motor tersebut bisa menghasilkan daya hingga 110 kW atau 150 PS dengan torsi maksimal 320 Nm. Dengan daya tersebut, All New Nissan Leaf bisa berakselerasi hingga 100 km per jam dalam 7,9 detik.

Untuk yang suka dengan kecepatan, mobil listrik Nissan ini bisa dibawa melibas kecepatan maksimalnya hingga155 km per jam.

All New Nissan Leaf memiliki e-pedal yang mempermudah pengemudi dalam berkendara, akselerasi, deselerasi, dan berhenti hanya dengan satu pedal.

Baca: Masuk Indonesia, Mobil Listrik Wuling di Bawah Rp 100 Juta?

Baca: Lupakan Tesla, Pemerintah Resm Bentuk Holding Perusahaan Baterai Kendaraan Listrik

Pengemudi cukup menambah atau mengurangi tekanan pada pedal gas. Ketika akselerator dilepaskan sepenuhnya, rem regenerative dan friksi akan bekerja secara otomatis membuatnya mobil berhenti total.

Baca: Pecahkan Rekor Transfer, Klub Malaysia Boyong Radamel Falcao untuk Jadi Tandem Syahrian Abimanyu

Baca: Periksa STNK Anda, Ternyata Ada Tanda Pajak Progresifnya, Begini Cara Ceknya

Untuk bisa membawa pulang mobil listrik ini, Nissan Indonesia mematok harga All New Nissan Leaf dalam dua variasi. Mobil listrik ini dibanderol senilai Rp649 juta untuk pilihan one tone dan Rp651 juta untuk dual tone.(*)


Baca juga