Valentino Rossi (kiri) pada jumpa bersama Marc Marquez

THENEWSULSEL.COM-Beberapa perpindahan pebalap sudah terjadi meski MotoGP 2021 baru berjalan setengah musim. Ada yang pensiun, pindah, dan dapat promosi. Ini susunan sementara pebalap MotoGP tahun 2022.

MotoGP 2022 akan terasa sangat berbeda dibanding musim-musim sebelumnya. Alasan utamanya adalah tidak ada lagi nama Valentino Rossi di antara susunan pebalap. Setelah 26 tahun berkarier di balapan grand prix, The Doctor memutuskan pensiun pada akhir musim ini.

Line up pebalap MotoGP 2022 terbilang mengalami banyak perubahan. Kondisi yang terjadi akibat maraknya bursa transfer pebalap yang menyeberang ke tim rival.

Petronas Yamaha SRT (yang tak akan lagi didukung Petronas musim depan), sama sekali belum punya pebalap hingga kini. Selain Rossi yang pensiun, mereka juga ditinggal Franco Morbidelli.

Morbidelli hampir dipastikan promosi ke tim utama Yamaha bersama Monster Energy Yamaha MotoGP. Meski hingga kini belum ada kesepakatan kontrak antara mereka, diyakini itu tinggal menunggu waktu saja.

Morbidelli datang ke tim pabrikan Yamaha untuk mengisi posisi lowong yang ditinggal Maverick Vinales. Rider asal Spanyol itu memutuskan untuk menyudahi kontraknya sampai akhir musim ini saja. Vinales beberapa hari lalu juga sudah menandatangani deal untuk bergabung dengan Aprilia.

Itu artinya Vinales akan bereuni dengan Aleix Espargaro. Mereka berdua pernah bahu-membahu membesarkan nama Suzuki beberapa musim lalu.

Selain dua slot kosong di Yamaha SRT, satu tempat lain yang belum terisi adalah Aramco Racing Team VR46. Tim kepunyaan Valentino Rossi itu dipastikan akan mendatangkan Luca Marini. Tapi satu motor lain belum ada pemiliknya.

Baca: Valentino Rossi Umumkan Pensiun dari MotoGP pada Akhir Musim 2021

Rumor yang berkembang menyebut Aramco Racing akan mempekerjakan Marco Bezzecchi. Rider asal Italia itu saat ini berlaga di kelas Moto2 bersama Sky Racing Team VR46.


Baca juga