Ilustrasi

 
THENEWSULSEL.COM, JAKARTA - Bulan Muharram merupakan bulan yang agung dan penuh berkah bagi umat Islam. Muharram adalah bulan pertama dalam kalender hijriah. 

Tahun ini, 1 Muharram 1443 Hijriah yang menandai Tahun Baru Islam jatuh pada hari Selasa, 10 Agustus 2021. 

Pada bulan Muharram, banyak amalan kebaikan yang disunnahkan untuk dikerjakan.

Salah satu amalan sunnah yang sangat dianjurkan pada bulan Muharram adalah puasa Tasu'a dan puasa 'Asyura. 

Berpuasa pada hari Asyura artinya puasa pada hari kesepuluh Muharram. Sedangkan berpuasa di hari Tasu'a artinya puasa pada hari kesembilan bulan Muharram.

Sebelum turunnya perintah puasa wajib Ramadhan, Rasulullah Muhammad SAW dan keluarga sudah mencontohkan melakukan puasa Asyura atau puasa pada hari ke-10 bulan Muharram. 

"Dari Ibnu Abbas Ra, bahwasanya Rasulullah SAW berpuasa pada hari Asyura' dan memerintahkan umatnya supaya berpuasa pada hari tersebut." (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca: 12 Rektor LLDIKTI WIlayah IX Sultan Batara Terima Penghargaan Tokoh Peduli Pendidikan

Disebutkan dalam sebuah hadits, puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah puasa di bulan Muharram. Hadits ini berasal dari Abu Hurairah ra.

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

Artinya: "Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah - Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam." (HR. Muslim).

Ada beberapa puasa sunnah yang bisa dilakukan pada bulan Muharram, misalnya puasa Tasu'a dan Asyura, puasa Senin dan Kamis, dan puasa Ayyamul Bidh.


Tags: 1443 Hijriah bulan Muharram Niat Puasa niat puasa Asyura puasa Asyura puasa bulan Muharram Tahun Baru Hijriah Tahun Baru Hijriyah Tahun Batu Hijriah

Baca juga