Pengusaha kuliner Haji Ahmad Tonang (kiri) berdiskusi dengan tokoh literasi Sulsel BAK tentang Revolusi Ekonomi di salah satu warkop di Kota Makassar, Selasa (17/8/2021).

THENEWSULSEL.COM, MAKASSAR – Tokoh literasi Sulsel Bachtiar Adnan Kusuma (BAK) ikut berbahagia di puncak HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, Selasa (17/8/2021). 

Pasalnya, ia memeroleh kesempatan berdiskusi sembari memenuhi ajakan ngopi pagi-pagi salah seorang pengusaha kuliner sukses Sulawesi Selatan di Warkop Cinta, Jalan Veteran Selatan, Kota Makassar. 

Pengusaha kuliner ini bernama Haji Ahmad Tonang, yang punya brand market “Daeng”. 

Lelaki kelahiran Desa Sawakong, Kecamatan Galesong Selatan, Kabupaten Takalar ini, mengaku meniti karier sebagai pengusaha yang berangkat dari anak tangga terbawah. 

Putra kedelapan dari sembilan bersaudara ini, kaya pengalaman dan telah berpindah-pindah tempat menaklukkan nasib, terutama pada bidang bisnis.

Ahmad Tonang menilai, di tengah terjadinya keterpurukan ekonomi di berbagai daerah, diperlukan adanya revolusi ekonomi. 

Mantan Dirut Perusda Kabupaten Takalar ini melihat, revolusi ekonomi perlu karena kegiatan ekonomi di berbagai dimensi stagnan. Maka diperlukan adanya gebrakan. 

Perlu ada spirit terutama penataan ekonomi di berbagai daerah. Misalnya saja, para petani di daerah dengan berbagai produksi yang dihasilkan, mereka kurang mendapat respon dari pemerintah terutama bagaimana membuka market dan kurangnya sentuhan teknologi. 

Makanya, diperlukan hadirnya sentra ekonomi di setiap desa dan kelurahan. Salah satu kuncinya diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang tangguh.

“Terutama melakukan revolusi ekonomi dengan tujuan mengubah cara pandang, cara kerja dari pola lama menjadi pola ekonomi modern,” urai Ahmad Tonang. 

Baca: Niat Puasa Tasu’a dan Asyura pada Bulan Muharram, Ini Jadwalnya 2021

Menurut Ahmad, konsep Revolusi Industri 4.0 yang menggunakan kecerdasan buatan dalam penerapannya mengalami perkembangan menuju teori 5.0 yaitu revolusi industri yang dirumuskan pertama kali Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada Maret 2017 di pameran CeBIT, Hannover, Jerman.

Terutama untuk menangani segala persoalan yang terjadi di Jepang dan baru diresmikan pada 21 Januari 2019. 


Tags: Ahmad Tonang Desa Sawakong Galesong Galesong Selatan Haji Ahmad Tonang Kabupaten Takalar Sawakong Takalar

Baca juga