Wanita kelahiran Indonesia Amye Un memegang poster mengajak warga memilihnya pada pemilihan Walikota Darwin, Australia. (foto: dokumentasi pribadi)

THENEWSULSEL.COM, DARWIN - Salah seorang calon Walikota Darwin Northern Territory, Australia, ternyata kelahiran Indonesia. 

Hal ini menjadi perhatian publik Indonesia, meski yang bersangkutan sudah lama menjadi warga negara Australia. Apalagi sang kandidat merupakan wanita.

Siapa dia? Namanya Amye Un yang mengaku kelahiran Amanatun, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Perempuan berusia 60 tahun itu bercerita, ia lahir di pedalaman Timor Tengah Selatan dan menyelesaikan sekolahnya di salah satu SMK di Kota Kupang. 

Jalan hidupnya berubah pada tahun 1998, ketika Amye Un menikah dengan pria asal Australia. Ia kemudian ikut sang suami ke Australia. 

Amye Un lalu membuka usaha kuliner di Kota Darwin. Setelah sekia lama menetap di Kota Darwin, ia pun tercatat sebagai warga negara Australia sejak 23 tahun lalu.   

Untuk mewujudkan keinginannya memimpin Kota Darwin, Amye Un maju melalui jalur independen. Sesuai jadwal, pemilihan berlangsung pada 28 Agustus 2021 mendatang. 

"Kalah atau menang, saya tidak peduli. Yang penting saya ada nama di negeri ini. Orang Indonesia pertama dalam sejarah yang bergabung di politik Australia," jelas Amye. 

Ia menjelaskan, ada enam kandidat yang maju dalam pemilihan Wali Kota Darwin. Diantara mereka, Amye Un merupakan satu-satunya calon yang maju melalui jalur independen. 

Amye mengaku, memlih maju melalui jalur independen karena tidak ingin terikat dengan partai politik. 

Baca: Perusahaan BUMN Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan S3, S1, dan S2, Anda Berminat?

Alasan lainnya, masih banyak aspirasi dari masyarakat yang tidak ditanggapi oleh pemerintah. 

"Kalau di partai kita tidak bisa menyampaikan aspirasi masyarakat dengan baik. Protes dari masyarakat, kalau melalui partai politik, tidak seluruhnya disampaikan ke Parlemen. Kalau independen kita bisa sampaikan apa saja yang diinginkan masyarakat," kata Amye. 


Baca juga