ilustrasi gempa bumi

THENEWSULSEL.COM, PALU - Gempa dengan magnitudo 6,5 mengguncang Kabupaten Tojo Una-una, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), dan sekitarnya pada Senin (26/7/2021) malam, pukul 19.09 WIB. 

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di 59 kilometer timur laut Tojo Una-una. Pusat gempa memiliki kedalaman 10 kilometer. 

BMKG menyampaikan, gempa ini tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. Namun, warga harus tetap waspada. 

BMKG menambahkan, gempa di  Kabupaten Tojo Una-una tergolong besar. Karena itu, dikhawatirkan bisa memicu kerusakan di kawasan penduduk.

"Kalau melihat skala MMI-nya. Ini termasuk cukup besar yaitu terutama di Ampana 5-6 MMI dan 5 skala MMI di Luwuk, Poso, Morowali. Ini dikhawatirkan akan berdampak merusak apabila di situ banyak rumah," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers.

Ia menambahkan, hingga Senin malam belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan gempa bumi itu. 

Namun, Dwikorita meminta agar dilakukan pengecekan di wilayah yang merasakan getaran dengan skala 5-6 MMI.

Dijelaskan, berdasarkan episenter dan hiposenter, gempa bumi yang terjadi itu merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya deformasi, karena sesar lokal.

BMKG mencatat ada satu kali gempa susulan dengan kekuatan 3,4 magnitudo setelah diawali gempa dengan kekuatan 6,5 magnitudo. 


Tags: bmkg BPBD gempa gempa bumi gempa Palu Provinsi Sulteng Sulteng Tojo Una-una

Baca juga